Beranda Bogor Raya

Longsor, Saluran Irigasi Cicadas Gantung Terputus

dok.metropolitan.id

DRAMAGA-RADARBOGOR, Saluran Irigasi Cicadas Gantung yang mengairi sekitar 40 hek­tare ladang milik warga Desa Purwa­sari, Kecamatan Dramaga teputus akibat longsor. Pengawas UPT Insfra­truktur Irigasi Wilayah 4, Edi Supri­yadi menjelaskan, pihaknya menda­patkan laporan dari warga langsung meninjau saluran irigasi di Cicadas Gantung untuk memastikan kebenaran tersebut.

“Mendapat laporan kami langsung bergegas pergi ke lokasi longsor. Me­mang betul ada kerusakan di saluran irigasi hingga menutup saluran air,” bebernya. Kerusakkan yang ada, lanjut dia, di saluran induk Cicadas Gantung yakni sepanjang 8 meter, tinggi 3 me­ter serta rawan longsornya hingga tu­juh meter. Terputusnya aliran irigasi dapat mengganggu dibit air ke Desa Petir.

“Jadi sementara ini kami ke la­pangan untuk kajian teknis membuat exsisting lapangan mengukur, panjang, lebar, dan tingginya TPT yang ada di saluran D.I Cicadas Gantung,” Ujarnya

Terpisah, Kepala UPT Insfratruktur Irigasi Wilayah IV Rudi menjelaskan, untuk sementara penanganan saluran irigasi tersebut bersifat sementara. Pihaknya menunggu usulan dari Pe­merintahan Desa agar dapat diusulkan dan direalisasikan di 2019.

“Dari UPT sambil menunggu usulan dari pihak desa yang nanti kita bawa ke dinas terkait, mudah-mudahan bisa tereali­sasi di tahun 2019. Jadi penanganan sementara mengunakan karung untuk bisa berfungsi walaupun belum mak­simal,” tandasnya. (khr/b/suf)

Baca Juga