25 radar bogor

Sudah Efektifkah Aset Anda untuk Meningkatkan Bisnis?

Penulis : Mohamad Cholid ( Business & Executive Coach, sertifikasi Marshall Goldsmith Stakeholder Centered Coaching)

Artikel ke-79 Ekonomi Radar Bogor

LEBIH menukik lagi menyangkut aset-aset perusahaan dalam upaya membangun momentum menjemput sukses berkelanjutan. Berdasarkan perpektif yang tertuang pada artikel pekan lalu (Radar, 20/9/2018, hal.19) Anda mulaimenelisik kembali aset-aset mana yang perlu dioptimalkan dan mana yang bisa dijual.

Sekarang, sebagaimana para pengelola bisnis yang sungguh-sungguh ingin terus berkembang, di antara Anda menanyakan, bagaimana mengukur efektivitas aset dalam bisnis? Apa saja benefit yang diperoleh dengan mengetahui efektivitas aset? Apa manfaat positifnya bagi kelangsungan usaha?

Baik. Pertama, izinkan saya mengingatkan kembali, tanggung jawab untuk memahami dengan mendalam dinamika dan posisi krusial aset dalam menopang kemajuan usaha ada di semua lini, unit, atau departemen dalam organisasi Anda.

Artinya, bukan hanya direktur utama atau direktur keuangan yang wajib memiliki tingkat pemahaman prima tentang aset. Para manajer dan supervisor di marketing, sales, produksi, di inventori, dst.nya sepantasnya memiliki pengetahuan memadai tentang peran penting aset-aset usaha.

Karena sepak terjang sehari-hari para personel kunci dalam semua bagian itu akan berdampak pada Balance Sheet atau Neraca(tempat semua aset perusahaan tercatat). Ini perlu diingatkan (lagi), berhubung sampai hari ini para manajer dan supervisor di bagian-bagian non-keuangan umumnya hanya melihat Laporan Laba – Rugi, bahkan ada yang hanya mementingkan departemennya sendiri, tanpa peduli dampak finansial dari perilaku mereka.

Perusahaan-perusahaan yang sampai hari ini tumbuh sehat dan berhasil mengarungi tantangan gelombang kondisi ekonomi lazim mengetrapkan perhitungan ROA (Return on Assets) secara seksama dan mengedukasi para personel kunci mereka untuk memahaminya secara baik.

Fakta ini memberikan gambaran benefit bagi Anda jika action meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya ROA bagi semua team leaders.

Untuk mengukur efektivitas aset-aset perusahaan begini : ROA = net profit dibagi nilai aset dalam suatu periode, diungkapkan dalam prosen (%).

Dalam Neraca atau Balance Sheet selalu ada keterangan per Desember 2017 atau per April 2018 (hitungan kuartal). Neraca adalah potret usaha dalam periode tertentu – di situ semua aset terekam.

ROA memberikan gambaran, berapa prosen (%) dari setiap rupiah yang Anda investasikan kembali berupa profit. Ini menegaskan bahwa aset-aset usaha – berupa cash atau setara cash, account receivables (A/R), fasilitas, peralatan, mesin, inventori, kendaraan operasional – semua “harusbekerja” atau dioptimalkan menghasilkan uang.

Disamping menyadari pentingnya ROA, perlu juga Anda memantau dengan jeli, terus menerus, perihalvelocity – ini tingkat kecepatan aset tertentu (inventori) bergerak menuju ke tangan pelanggan dengan cara dan kondisi istimewa. Dalam situasi ketika persaingan harga makin ketat, meningkatkan velocity dapat menolong ROA. Karena dengancara itu Anda telah memberikan kelebihan bagi pelanggan dibanding kompetitor.

Berkaitan dengan ROA ini, masing-masing industri punya norma (ukuran standard). Industri manufaktur berbeda dengan retail, bidang jasa beda lagi.

Usaha retail umumnya asetnya kecil, karena tidak harus punya mesin, kalaupun perlu gudang bisa sewa. Industrimanufaktur asetnya besar, karena memerlukan mesin-mesin – namun, belakangan dengan berkembangnya sharing economy, sebagian produksi bisa dikerjakan oleh perusahaan lain.  (*)

Untuk mengembangkan bisnis Anda dan peluang konsultasi, silakan kontak 085280538449)