25 radar bogor

Pelanggaran Lalu Lintas Didominasi Pelajar, Dishub Kota Bogor Gencar Sosialisasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, gencar menggalakkan sosialisasi dan kampanye keselamatan terutama kepada para pelajar.

Kali ini, sosialisasi sadar tertib lalu lintas (Dartiblantas) dilakukan di SMPN 1 Bogor, kemarin (25/9) dengan 100 peserta yang terdiri dari siswa kelas 7 dan 8. Hadir pula, narasumber dari Koalisi Pejalan Kaki Bogor (KPKB) dan pelajar pelopor keselamatan.

Wakil Kepala Bidang Humas SMPN 1 Bogor, Etty Suryati mengatakan, kegiatan ini turut membantu program sekolah ramah dan aman anak yang sedang dijalankan.

Menurutnya, cara mendisiplinkan siswa harus diterapkan sedini mungkin sehingga nanti dapat mudah diarahkan dalam disiplin berlalu lintas dan bagaimana menjadi pejalan kaki yang baik.

“Nanti berdampak pada bagaimana siswa dapat menata diri menjadi orang yang disiplin dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Rakhmawati mengatakan, kegiatan ini penting untuk mengetahui dan menumbuhkan kesadaran sejak dini mengenai kesela­matan berlalu lintas.

“Diharapkan tingkat kedispli­nan meningkat, karena banyak sekali pelanggaran-pelanggaran yang justru datang dari kalangan pelajar. Misalnya, banyak yang sudah meng­gunakan kendaraan sebelum waktunya.

Kami juga berharap apa yang diajarkan tadi mela­lui materi itu bisa mendisiplin­kan mereka dan bisa menularkan pada lingkungan mereka,” tuturnya.

Kepala Seksi Komunikasi, Informasi dan Edukasi Perhubungan pada Dinas Perhubungan Kota Bogor, Iwan Gunawan menambahkan, ke­giatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang ke depannya akan diberikan pada seluruh sekolah.(cr4/pkl1/ysp)