25 radar bogor

Manajemen PSM Beri Tips Agar Suporter Tidak Lagi Bentrok

JAKARTA-RADAR BOGOR,Manajemen PSM Makassar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Haringga Sirla. Pendukung Persija Jakarta itu tewas saat hendak menonton tim pujaannya bertanding melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9) lalu.

Pernyataan ini dilayangkan langsung manajemen melaui akun instagram resmi @psm_makassar. “Nyawa manusia lebih penting dari sebuah pertandingan sepak bola. Semoga kejadian-kejadian tersebut tidak terulang lagi di liga sepak bola yang kita cintai,” demikian kutipan pernyataan PSM di Instagram resmi klub, Senin (24/9) kemarin.

Media Officer PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina menyatakan, manajemen klub berupaya semaksimal mungkin agar pendukung tim Juku Eja tidak terlibat bentrok. Baik di antara sesama pendukung PSM maupun dengan pendukung klub lain.
Ads by AdAsia
You can close Ad in {5} s

“Kuncinya adalah merangkul dan menjaga hubungan baik antarpendukung,” kata perempuan yang akrab disapa Wina ini kepada awak media di Makassar, Selasa (25/9).

Manajemen PSM, kata Wina, mencatat ada belasan kelompok pendukung tim dengan ribuan anggota. Tujuh di antaranya merupakan kelompok terbesar. Mereka secara rutin didata dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan positif terkait klub pujaan.

“Manajemen menjaga hubungan baik antarsuporter dengan memperlihatkan hal-hal positif. Baik secara langsung maupun di media sosial. Sebagai klub, kita juga jangan ikut memprovokasi suporter sendiri maupun suporter lawan,” terangnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, lanjut Wina, pendukung PSM terbilang sudah jarang terlibat bentrok. Baik antara sesama suporter maupun dengan kelompok pendukung tim lawan. Berbeda jauh dengan situasi satu dekade silam. Kondisi itu menurutnya, menunjukkan perubahan pola pikir positif di kalangan pendukung.

“Suporter PSM banyak yang sudah dewasa dalam berpikir. Sejauh ini mereka sudah tahu bagaimana seharusnya memperlakukan sesama dan suporter tim lain. Sehingga tidak ada lagi gesekan yang berarti,” pungkas Wina.

Sekadar info, salah satu suporter yang akrab dengan pendukung PSM adalah Bonek. Saat Persebaya tandang ke Makassar, Bonek disambut dengan hangat oleh suporter PSM. Begitu pula ketika mereka berkunjung ke Surabaya.

(rul/JPC)