25 radar bogor

Catat! Pendaftaran CPNS 2018 Molor Lagi

Kepala Badan Kepegawain Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan mengapa ada kemunduruan pendaftaran CPNS 2018. (Kendaripos)

JAKARTA-RADAR BOGOR Jadwal pendaftaran CPNS 2018 molor lagi dari rencana awal. Semula pendaftaran akan dibuka pada 19 September di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN), namun website tak bisa diakses. Lalu panitia seleksi nasional (Panselnas) berencana membuka pendaftaran pada 26 September.

Meski begitu, Ketua Panselnas CPNS 2018 Bima Haria Wibisana mengungkapkan, pelamar sudah bisa mulai membuat akun peserta. Sebab, pengalaman tahun sebelumnya, banyak pelamar yang terhenti usai membuat akun. Mereka baru mendaftar beberapa hari jelang penutupan pendafataran.

“Insyaallah besok pelamar mulai bikin akun peserta. Karena banyak juga pelamar yang terkendala dengan membuat akun. Masalah yang sering ditemui adalah tidak adanya kesesuaian antara data pribadi di KTP, kartu keluarga dengan NIK (nomor induk kepegawaian,” ujar Bima, Selasa (25/9).

Menurut Bima yang juga merupakan kepala Badan Kepegawain Negara (BKN) itu, dengan memberikan jeda antara membuat akun dan pendaftaran. Sitem ini menguntungkan pelamar, karena mereka bisa punya waktu untuk menyelesaikan masalah bila terjadi ketidaksinkronan data dan NIK.

Sementara saat ditanya kapan pelamar bisa mendaftar CPNS, Bima mengatakan, hal itu belum diputuskan. Pemerintah masih merapatkan kapan waktu yang pas. Pemerintah juga tengah menghitung plus minusnya.

“Jadi dlihat plus minus kalau dibuka yang belum komplit akan kesulitan cari peserta enggak, gitu lho,” pungkasnya.

(jpg/yes/JPC)