25 radar bogor

Sensasi Ngopi Bernuansa Papua, Moanemani Andalan Torangpu Kopi

BOGOR-RADAR BOGOR,Sejak dibuka satu bu­lan la­lu, kopi Moanemani men­ja­di ko­pi andalan di kedai yang ber­lo­ka­si di Jalan Raya Sem­plak, Keca­matan Bogor Ba­­­rat ini. Dida­tangkan lang­sung da­ri Papua, biji kopi itu dita­­­nam pada ketinggian 1800 me­­­­ter di atas permukaan laut (mdpl).

“Moanemani hanya ada sa­­tu-satunya di Bogor,” ujar Pe­mi­lik Torangpu Kopi, Eko Iriandoko.

Kopi lainnya yang menjadi favorit penikmat kopi, yakni kopi robusta dengan varian Palu, Lampung dan liong. Selanjutnya, yaitu kopi arabika dengan varian Flores, Toraja dan Gayo. “Untuk pelengkap kopinya ada kacang rebus, singkong rebus, ubi rebus serta pisang bakar,” terangnya.

Pria kelahiran Biak, Papua ini mengaku sengaja membuat konsep tempat kopi bernuansa timur lantaran katanya untuk melestarikan budaya Papua yang tak banyak ditemui di sudut kota-kota besar di Jawa Barat, khususnya. Sedang­kan Torangpu sendiri sangat kental dengan Papua, yang merupakan dialek bahasa daerah sana yang berarti ‘Kita Punya’.

Tak hanya itu, keseriusan­nya dengan Torangpu dibukti­kan dengan cara mengukuh­kan kedainya ke Direktorat Jen­deral Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ke­men­kum­ham).

“Sehingga diharap­kan merek tersebut dapat te­rus me­lestarikan bu­daya Papua ke depan dan legal,” ucapnya.

Kedai yang menyediakan menu dengan harga berkisar Rp10 ribu hingga Rp17 ribu ini buka setiap hari. Hanya saja, baru buka pukul 16.00 WIB hing­ga 23.00 WIB.

“Khusus Sabtu dan Minggu kedai Torang­pu tutup lebih larut, yaitu pukul 24.00 WIB,” tukasnya.(tria/ysp)