25 radar bogor

Politik Dalam Negeri Jadi Topik Baru Sentimen Rupiah

 

JAKARTA-RADAR BOGOR,Minimnya sentimen positif di dalam negeri membuat Rupiah kembali melemah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Pelemahan Rupiah tertahan memanfaatkan moment berkurangnya permintaan akan mata uang safe haven ini.

Analis CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, dari sikap menahan diri dari pelaku pasar terhadap pertemuan Bank Sentral The Fed pekan ini membuat laju USD tertahan.

”Rupiah diperkirakan akan bergerak di kisaran 14.868-14.852. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah,” ujarnya Selasa (25/9).

Reza menjelaskan, pergerakan Rupiah kembali terkoreksi seiring adanya penilaian masih beratnya masalah ekonomi yang akan dihadapi Indonesia oleh salah satu pasangan capres dan cawapres yang akan memimpin Indonesia.

“Bahkan ditambahkan dengan kian meningkatnya laju USD akan berimbas pada penurunan daya beli masyarakat seiring maraknya barang-barang impor yang beredar baik di industri maupun masyarakat,” tuturnya.

Di sisi lain, Reza menambahkan, adanya komentar positif dari Menkeu Sri Mulyani dalam hal penanganan utang tampaknya kurang kuat mengangkat Rupiah.

“Bahkan, pergerakan USD yang kembali turun pun sepertinya tidak direspons pasar,” tandasnya.

(mys/JPC)