25 radar bogor

Supporter Persija Tewas Dikeroyok, Ridwan Kamil Kutuk Keras Tindakan Biadab Oknum Bobotoh

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Achmad Nugraha/Jabar Ekspres)

BANDUNG-RADAR BOGOR,Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengucapkan duka cita atas meninggalnya seorang suporter yang diduga pendukung Persija Jakarta. Suporter yang diketahui bernama Haringga Sirilla itu dikeroyok oleh sejumlah oknum Bobotoh, Minggu (23/9) siang WIB. Haringga, 23, merupakan warga Cengkareng, Jakarta Barat.

Kang Emil – sapaan akrab Ridwan Kamil, juga mengutuk keras tindakan biadab oknum Bobotoh yang melakukan pengeroyokan terhadap Haringga hingga tewas. Kang Emil mengungkapkannya lewat akun Instagram miliknya, @ridwankamil.

“Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang,” sebut Ridwan Kamil.

Kang Emil merasa kecewa karena kemenangan Persib atas Persija dinodai dengan aksi brutal yang berujung hilangnya nyawa seseorang. Kang Emil mengutuk keras tindakan biadab oknum Bobotoh tersebut.

“Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yang di dapat dengan susah payah. Bagaimanapun, dalam situasi seperti ini, secara kemanusiaan, saya pribadi memohon maaf kepada keluarga korban dan rekan-rekan The Jak Persija,” imbuhnya.

https://www.instagram.com/p/BoElQE_Hbyh/?taken-by=ridwankamil

Kang Emil menegaskan sudah memerintahkan kepolisian untuk menegakkan hukum kepada pelaku pengeroyokan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung. Sebagaimana diketahui, lima orang telah diamankan pihak kepolisian untuk dimintai keterangan.

“Saya sudah meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum seberat-beratnya kepada oknum biadab yang terlibat. Lima tersangka sudah ditangkap dan ditahan di Polrestabes Bandung. Semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran untuk kita semua untuk tidak melakukan fanatisme berlebihan, karena Merah Putih dan Indonesia Raya kita masih sama. Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepak bola jika harus mengorbankan nyawa manusia,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema membenarkan adanya insiden tersebut. Korban meninggal dunia akibat dikeroyok oleh beberapa oknum Bobotoh jelang laga Persib kontra Persija di Stadion GBLA.

“Beberapa orang kami amankan untuk dimintai keterangan. Sedang ada pemeriksaan intensif terhadap beberapa saksi agar diketahui motif dan pelaku mudah-mudahan bisa kamiungkap,” kata Irman di Bandung, Minggu (23/9).

Perihal suporter Jakmania atau bukan, pihaknya hingga kini masih terus melakukan penyelidikan. Kini, Polrestabes Bandung telah mengamankan barang bukti di TKP. Selain itu juga mengamankan 6 orang yang diduga sebagai tersangka dan 1 orang saksi untuk dilakukan pemeriksaan.

“Jenazah almarhum Haringga dibawa ke RS Sartika Asih untuk dilakukan otopsi,” beber Komber Pol Irman Sugema.

(ona/JPC)