25 radar bogor

Setu Wanaherang Dipadati Sampah

GUNUNGPUTRI– RADAR BOGOR,Lingkungan sekitar Setu Wanaherang kian memprihatinkan. Tumpukan sampah yang menggunung terus mengeluarkan bau busuk.

Tak mengetahui siapa yang membuang sampah di sana, warga pun bikin spanduk.

“Bertuliskan pembuang sampah dikutuk, pembuang sampah dijebloskan penjara. Tapi gak mempan,” ujar Abdul Romli (44) warga Desa Warnaherang yang tinggal sekitar danau.

Romli mengaku warga sudah berulang kali membersihkan, namun muncul kembali. Lokasi ini juga, kata dia, luput dari truk pengangkut sampah. ”Jadi kami bersihkan, besok ada lagi, banyak lagi, gitu terus,” tambahnya.

Sementara, Camat Gunung Putri, Juanda Dimansyah, mengatakan, kondisi serupa pernah terjadi di Setu Citongtut, Desa Cicadas. Namun saat ini, warga dan kecamatan sudah menyulap setu dengan warna-warni. Dengan lingkungan yang bersih dan menarik, nantinya akan membuat malu para pelaku pembuang sampah.

Sedangkan untuk masalah di Setu Wanaherang, ia mengungkapkan masih mencari solusi untuk penataan sampah di sana.

“Karena, sepertinya ini yang buang itu warga luar. Kalau ada warga yang memergoki pun langsung tangkap dan serahkan agar dibina. Makanya solusi sedang kami pikirkan untuk penataannya,” singkatnya.(don/c)