25 radar bogor

Kwik Dipuji Lebih Pilih Perjuangkan Ide Daripada Dukungan Politik

JAKARTA-RADAR BOGOR,Politikus Partai Golkar Mukhamad Misbakhun mengungkapkan rasa hormatnya terhadap mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (Menko Ekuin) Kwik Kian Gie. Misbakhun menilai, Kwik merupakan tokoh yang konsisten terhadap pemikiran daripada terjebak pada dukungan politik.

“Beliau adalah pemikir. Dan antusiasme kehidupan beliau ada pada pemikiran,” katanya dalam sebuah diskusi di Rumah
Cemara, Jakarta, Jumat (21/9).
Misbakhun menyebut, Kwik adalah seorang aktivis era 1980-1990an yang dikenal kritis. Anggota Komisi XI DPR ini melihat Kwik merupakan sosok yang gigih mengadu ide, gagasan, dan pemikiran demi memperkuat peradaban.

Oleh karena itu, lanjut Misbakhun, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) itu enggan pemikirannya dibatasi secara politik. “Posisi Pak Kwik adalah loyal pada pemikiran yang beliau buat. Tidak pada orang per orang,” ucapnya.

Misbakhun pun mengaku senang bisa memandu focus group discussion (FGD) yang dihadiri Kwik. Terlebih, FGD itu merupakan ajang bergengsi.

“Saya berlimpah berkah bisa menjadi moderator diskusi di mana Pak Kwik sebagai narasumbernya. Apalagi forumnya adalah sangat prestisius dan punya resonansi politik yang kuat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kwik sempat diklaim akan bergabung dengan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno. Namun, hari ini Kwik justru menjadi pembicara di markas pemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

(gwn/JPC)