25 radar bogor

Kualitas Rendah Rentan Bermasalah, Anggota Dewan Kritik Bangunan Milik Pemkab Bogor

CIBINONG–RADAR BOGOR,Sejumlah pem­bangunan di Bumi Tegar Be­riman mendapat kriti­kan dari DPRD Kabupaten Bogor. Kerap kali, anggaran menjadi mu­sababnya. Beberapa pem­bangunan dilakukan dengan biaya di bawah angka ideal.

Belakangan terjadi pada proyek pembangunan g­edung Dinas Pemadam Kebaka­ran (Disdamkar) Kabupaten Bo­gor yang anggaran konstruksi­nya sebesar Rp18 miliar. Angka tersebut di bawah nilai ideal yang ditetapkan oleh Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG), yaitu sebesar Rp25 miliar.

Ketua Komisi III DPRD Ka­bu­pa­ten Bogor Wawan Haikal mengatakan, bahwa kondisi tersebut juga terjadi pada proyek pembangunan lain­nya milik Pemkab Bogor.

“Dam­pak­nya, kepada kualitas dan kuantitas. Kualitas ba­ngu­nan, kemudian ada bebe­rapa spek yang dikurangi,” ung­kap­nya kepada Radar Bogor, kema­rin (21/9).

Menurutnya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) semestinya melakukan pe­­nin­jauan khusus terlebih dahu­­lu sebelum memangkas efi­sien­si terkait kegiatan dinas.

Se­hingga, tidak mengakibat­­kan pada hasil pembangunan yang tidak sempurna. “Kadang-kadang, main pangkas tapi tidak sesuai di lapangan,” bebernya.

Wawan mengatakan, bela­kangan Komisi III DPRD Ka­bupaten Bogor rapat dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor mengenai pembangunan be­berapa GOR. Dari anggaran yang diajukan sebesar Rp10 miliar, tapi hanya Rp200 juta yang disetujui. “Gimana mau ngebangun Rp200 juta. Pon­dasinya saja gak cukup,” kata Wawan.

Sebelumnya, Sekretaris Dis­dam­kar Kabupaten Bogor, Ma’mur. Anggaran yang dibe­rikan guna pembangunan gedung Disdamkar di tepian jalan Tegar Beriman itu sebe­sar Rp20 miliar. Hanya saja, khusus konstruksi dianggarkan se­be­sar Rp18 miliar. Sedang­kan sisanya, untuk keperluan biaya pe­ngawa­san dan detail engineering design (DED).

Padahal, sesuai usulan dari TABG, Pemkab Bogor perlu mengucurkan dana minimal Rp25 miliar hanya untuk konstruksi.

“Saya tau anggaran minimal Rp25 miliar karena TABG. Idealnya untuk kon­struksinya saja Rp25 miliar,” bebernya kepada Radar Bogor belum lama ini.