25 radar bogor

50 Kios PKL di Pasar Cisarua Kembali Dibongkar

CISARUA-RADAR BOGOR,Sebanyak 50 kios Peda­gang Kaki Lima (PKL) di pintu masuk Pasar Cisarua kembali dibongkar. Kali ini pembongkaran dilakukan pe­dagang sendiri, setelah melakukan musyawarah antara pedagang dengan Satpol PP Kabupaten Bogor.

Mereka (pedagang, red) membongkar kios sendiri lantaran material kiosnya ter­buat dari baja ringan.

”Ya, daripada dibongkar Pol PP, men­ding kami sendiri. Kami khawatir ka­lau Pol PP yang bongkar, baja ringan­nya bisa rusak dan tak terpakai lagi,” ujar pedagang tahu di deretan kios tersebut, Asep. Pembongkaran yang disaksikan penegak perda itu berlangs­ung tertib. Puluhan pedagang nampak membongkar kiosnya.

Lalu, Kasi Operasional, Yudi, men­gatakan, pembongkaran kali kedua ini mengacu pada perintah Bupati Bogor Nurhayanti. Meningkatnya kios ini disebabkan para pedagang kembali mendirikan kios pasca-pem­bongkaran, belum lama ini.

”Sebelumnya sudah kami bongkar. Tapi, mereka bandel bangun kios lagi. Atas dasar musyawarah, pembongka­ran dilakukan sendiri oleh pedagang,” ujarnya.

Dengan pembongkaran kedua ini, pedagang tak berani lagi mendi­rikan kios. Sebab, kios tersebut ber­diri di atas saluran air milik Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

”Artinya, bangunan mereka itu melanggar dan kita tindak sesuai aturan,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Pedagang, Utek, mengaku ikhlas dengan pem­bongkaran tersebut. Akan tetapi, ia meminta solusi dari pemkab terkait keberlangsungan hidupnya sebagai pedagang.

”Saya yakin bupati punya nurani, karena setelah dibongkar, puluhan pedagang di sini nggak punya mata pencaharian lagi. Jadi, tolong kami supaya bisa menafkahi keluarga,” tan­dasnya.(ash/b/suf/py)