25 radar bogor

Puncak Perlu CCTV

KEMACETAN: Antrean panjang kendaraan terjadi di simpang Gadong atau pintu keluar Tol Jagorawi. Kemacetan di jalur ini dipastikan akan terjadi setia kali libur panjang atau akhir pekan.

BOGOR–RADAR BOGOR, Kebutuhan CCTV di kawasan Puncak, sudah menjadi prioritas. CCTV ini diperlukan untuk mengantisipasi peristiwa yang terjadi di kawasan wisata itu, salah satunya kecela­­kaan lalu lintas.

Pengadaan CCTV ini, sudah diusulkan ke Pemkab Bogor oleh Satlantas Polres Bogor. Hanya saja, hingga saat ini belum ada realisasi.

Menurut Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, CCTV juga diperlukan untuk meng­awasi perilaku pengen­dara. Sebab jika dilihat saat ini, masyarakat lebih condong mematuhi aturan ketika banyak yang mengawasi.

”Adanya pengawasan seperti CCTV membuat masyarakat takut melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak benar,” katanya kepada Radar Bogor.

Sementara ini, lanjut Hasby, titik yang memerlukan CCTV adalah jalur rawan kecelakaan. Sebab, belum semuanya titik rawan kecelakaan ini terpasang CCTV.

Menurutnya, di kawasan Puncak, ada 22 persimpangan. Dari jumlah itu, 10 di antaranya bisa diatasi. Sementara, untuk satu titik persimpangan membutuhkan pengawasan tiga video.

“Kalau SDM, selama alatnya bagus pasti bisa ter-backup. Hanya saja alat kan belum ada. Sama seperti ada mobil 10 unit, tapi anggota kita lebih banyak,” urainya.(rp1/c)