25 radar bogor

Begini Skenario Pengamanan Capres dan Cawapres Selama Kampanye

Wakapolri Komjen Ari Dono. Ari Dono mengatakan jika pihaknya menerjunkan sekitar 400 personel untuk mengamankan paslon capres dan cawapres.

JAKARTA – RADAR BOGOR, Calon presiden dan wakil presiden yang bertarung di pilpres telah resmi ditetapkan. Kepolisian Republik Indonesia menyebut akan memberikan pengamanan yang ketat kepada kedua paslon selama masa kampanye.

Wakapolri Komjen Pol Ari Dono mengatakan, setidaknya ada 452 personel untuk mengawal kedua paslon. Nantinya, ada pula puluhan personelnya yang terus ‘tempel’ capres dan cawapres yang bertarung.

“Pengamanan capres-cawapres ini tiap calon melekat sebanyak 37 orang terdiri ADC, kemudian walpri, pamatan kemudian walatas,” kata Ari di saat jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (20/9).

Lebih lanjut, Ari menambahkan, pengamanan yang diberikan oleh institusinya pun akan berlangsung 1×24 jam non stop khusus daerah jabodetabek. Selain daerah tersebut, pihaknya telah mengkoordinasi dengan polda setempat.

“Nantinya kita siapkan melaksanakan kegiatan pengamanan kepada para calon 1×24 jam melekat itu untuk kegiatan di jabodetabek. Untuk kegiatan di luar wilayah jabodetabek, setiap polda sudah melaksanakan kegiatan pengamanan mulai dari penjemputan sampai dilokasi kegiatan,” ungkapnya.

Di sisi lain, pihaknya juga telah melaksanakan seleksi ketat bagi personel yang ditugaskan untuk mengamankan pasangan capres dan cawapres. Dia bilang, waktu yang ditempuh untuk seleksi menghabiskan waktu dua bulan.

“Mabes polri telah melaksanakan seleksi untuk pengamanan capres cawapres ini kurang lebih sudah dua bulan laksanakan seleksi kesehatan, fisik, kemudian assesment,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pengamanan capres dan cawapres telah diatur pada UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Selain itu juga, regulasi itu tercantum pada kepres Nomor 31 tahun 2004 tentang pengamanan dan pengawalan capres dan cawapres.

(gwn/JPC)