Beranda Bogor Raya

Samsiyah Akhirnya Dibawa ke RS

PEDULI: Sejumlah aparat Kecamatan Ciawi, dan perangkat desa membawa Samsiyah yang tergolek lemas karena penyakitnya ke RSUD Ciawi, kemarin (19/9). Selama ini, Samsiyah hanya mendapat perawatan seadanya tanpa medis di rumahnya.

CIAWI–RADAR BOGOR, Bertahun-tahun terbaring di rumah, Samsiyah (79) akhirnya dibawa ke rumah sakit, kemarin (19/9). Warga Kampung Seuseupan Kaung RT 3/7, Desa Bendungan ini sudah lama menderita penyakit.

Samsiyah dibawa ke RSUD Ciawi oleh Pemerintah Kecamatan Ciawi untuk mendapat perawatan. Dari pengamatan Radar Bogor, kondisi Samsiyah terlihat sangat lemah. Sehari-harinya, ia hanya bisa terbaring di kamarnya dengan alas tikar tipis.

Kondisi kamarnya pun sangat memprihatinkan. Selain kotor dan berdebu, bau tak sedap tercium.

Camat Ciawi, Bambang Setiwan menuturkan, langkah membawa Samsiyah ini merupakan tindak lanjut dari laporan salah satu LSM.
“Setelah dapat laporan, saya bersama perangkat desa, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat dan UPT Puskesmas Ciawi langsung turun ke rumah bu Samsiyah untuk melihat langsung,” katanya kepada Radar Bogor.

Tidak hanya itu, pemerintah keca­matan juga langsung membuatkan kartu BPJS Kesehatan untuk Samsiyah. Sementara, dari pemeriksaan awal, Samsiyah mengidap penyakit gula.

“Penyakit ini sudah lama diderita Samsiyah, dan harus segera dilakukan penindakan,” terangnya.

Selama ini, lanjut dia, keluarga Samsiyah hanya merawatnya di rumah. Itu pun perawatan seadanya tanpa bantuan medis.

Ia juga menyebut, masalah kesehatan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Masyarakat, tegas dia, harus bekerja sama. ”Masyarakat harus peduli kepada lingkungannya. Karena itu menjadi solusi utama dalam menangani kesehatan masyarakat,” pungkasnya.(rp1/c)

Baca Juga