Beranda Bogor Raya

Sampah Dibuang Sembarangan

KOTOR: Pengendara melintas di samping tumpukan sampah di Jalan Raya Sukajaya, Tamansari.

TAMANSARI–Tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) menjadi program prioritas Pemdes Sukajaya. Saat ini, program ini sudah ditetapkan tinggal menunggu terbitnya peraturan desa (perdes).

Menurut Sekdes Sukajaya, Mulyadi, TPST sudah menjadi kebutuhan utama bagi warga. Sebab, selama ini warga terpaksa membuang sampah sembarangan, baik sungai maupun di pinggir jalan.

“Bisa dilihat, banyak sam­pah berserakan di pinggir jalan,” ujarnya kepada Radar Bogor. Rencananya, TPST ini akan dibangun di pinggir Jalan Raya Curug Nangka. Pemili­han lokasi ini dinilai tepat me­ng­ingat mobilitas di dae­rah tersebut cukup tinggi.

Selain TPST, pihaknya juga akan menyertakan bank sampah. Untuk bank sampah ini, lanjut dia, nantinya akan ada pembinaan sumber daya manusia (SDM).

Ia berharap, dengan adanya TPST dan bank sampah ini, bisa menambah nilai ekono­mis warganya, melalui pengo­lahan atau daur ulang.

Dengan adanya TPST, Lanjut Mulyadi, potensi sam­pah yang mulanya menjadi masalah, bisa memiliki nilai eko­nomis bagi masyarakat.

”Ke depan kita ingin ada satu program yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Di dalamnya kita me­ngajukan kendaraan pe­ngangkut. TPST nantinya akan mencangkup seluruh desa juga,” pungkasnya.(rp1/c)

Baca Juga