Beranda Bogor Raya Barat Utara

Rancang Jalur Kereta di Bogor Barat

FASILITAS: Kementerian Perhubungan, saat meresmikan tiga stasiun kereta api lintas Tanah Abang-Rangkas Bitung, termasuk Stasiun Parungpanjang, beberapa waktu lalu.

NANGGUNG–RADAR BOGOR, Pemerintah Ka­bu­paten Bogor berupaya me­ngem­bangkan infrastruktur transportasi yang ada di wilayah barat. Salah satunya penyediaan jalur kereta api. Bahkan, wacana ini menjadi salah satu agenda program jangka panjang Kabupaten Bogor.

Kepala Bappe­dalit­bang, Syarifah Sofiah menyebut, pemkab sudah melakukan kajian dan tolok ukur potensi yang ada di wilayah barat.
“Hasilnya kereta api lebih cocok. Ini juga menjadi alternatif lain untuk mengurai kemacetan di jalan raya,” katanya kepada Radar Bogor, belum lama ini.

Menurutnya, keberadaan kereta api nantinya bisa mendongkrak per­tum­bukan ekonomi baru bagi warga sekitar. Terlebih, nantinya stasiun yang akan dibangun akan ditata sesuai dengan potensi yang ada di tiap-tiap daerah yang dilintasi.

“Kita sudah surati pemerintah pusat agar peluang ini dilirik dari sekarang. Intinya, dari manapun akan kita upayakan agar percepatan pembangunan Kabupaten Bogor. Terus kita dorong,” terangnya.

Saat ini, jalur kereta api di wilayah barat sudah tersedia. Hanya saja baru melintasi beberapa kecamatan saja, seperti Tenjo dan Parung­panjang.

Jalur kereta itu hanya melayani Bogor-Jakarta melalui stasiun Tanah Abang dan Rangkas Bitung.
“Biar nan­ti Kemenhub yang mengkaji. Bisa jadi dari stasiun Bogor mengarah ke Maja. Kan nanti ada poros barat pengem­ba­ngan Kota Keke­rabatan Maja,” paparnya.

Wacanan pembangunan jalur kereta di wilayah barat men­dapat dukungan dari pakar trans­portasi, Djoko Seti­jowarno. Bahkan, kata dia, pemerintah pusat sudah melakukan kajian soal ini.

“Sudah ada kajiannya. Itu sangat bagus untuk mengurai ke­­ma­cetan dan mendorong per­­ce­patan,” ucap­nya.(cr3/c)

Baca Juga