25 radar bogor

Alasan Eks Finalis Indonesian Idol jadi Bandit Jalanan, Untuk Membiayai Anak di Pesantren

Dede Richo saat diamankan petugas kepolisian karena terlibat dalam komplotan pencurian.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tak tahan hidup susah setelah karirnya di dunia tarik suara redup. Dede Richo Ramalinggam, finalis Indonesian Idol 2008 nekad terjun jadi bandit jalanan bermodus pecah kaca. Namun petualangan Dede harus terhenti setelah timah panas polisi bersarang di betisnya.

Dede Idol ditembak polisi karena berupaya melawan petugas saat dibekuk aparat Polsek Serpong. Dia diciduk di kediamannya, perumahan elite Icon Sampora, BSD Tangerang Selatan.

Seusai mengikuti Indonesian Idol 2008, Dede Idol mengakui jatuh miskin. Pendapatannya juga tak menentu. Karena alasan itulah Dede, terpaksa harus banting tulang dengan terjun ke dunia kejahatan.

Jadi Komplotan Pencuri, Eks Finalis Indonesian Idol Ini Ditangkap Polisi

Dede bersama kakaknya mengaku telah 10 kali beraksi melakukan aksi pecah kaca. Itu dilakukan Dede karena dia butuh uang buat bertahan hidup.

“Saya menggunakan uang untuk membiayai sekolah anak saya di pondok pesantren. Sebelumnya kan saya bekerja sebagai penyanyi jalanan dan pernah ikut Indonesian Idol,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Tangsel Ajun Komisaris Besar Ferdy Irawan mengatakan, Dede Idol diduga menjadi bandit pecah kaca bersama kakak kandungnya, Deni Fredla Ochlers yang juga ditangkap.

kakak beradik asal Medan, Sumatra Utara, ini memiliki peran yang berbeda. Dede berperan sebagai otak sekaligus eksekutor. Sementara sang kakak bertugas mengamati situasi.
Di hadapan penyidik, Dede mengakui beraksi di wilayah Tangerang bahkan hingga Jakarta.

Selain menangkap Dede dan kakaknya, polisi juga sita barang bukti berupa tas abu-abu berisi satu unit drone DJI MAVIC PRO berwarna silver, bernomor 08QDE2N01204G2. (ysp)