25 radar bogor

Hindari Motor Lalu Oleng, Mobil Damkar Terguling di Jalan Raya Leuwiliang. Begini Kronologinya

CIGUDEG–RADAR BOGOR,Satu unit mobil pemadam kebakaran ter­guling di Jalan Raya Leuwiliang-Jasinga, Senin (17/9). Peris­tiwa ini terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Saat itu, mobil pema­dam milik unit sektor Leuwil­­iang, melaju dari arah Leu­wi­­sadeng menuju Jasinga.

Di pertengahan jalan, tepatnya di Kampung Anyar RT 03/01, Desa Cigudeg, mobil berplat F 9941 F yang dike­mudikan Andi Atma­dinata terguling setelah beru­saha menghindari sepeda motor.

Menurut Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran, Ma’mur, saat itu personelnya baru saja menjalani tugas memadamkan api yang membakar lahan kosong di Jalan Raya Cigudeg.

“Truk mengalami kecela­kaan karena menghin­dari sepeda motor,” ujarnya ke­pada Radar Bogor, kemarin (17/9).

Dalam peristiwa ini, empat personel damkar mengalami luka ringan dan harus menjalani perawatan medis di RSUD Leuwiliang dan Pus­kesmas Cigudeg.

Mereka adalah Andi Atma­dinata, Dede Ruhiyat (21) warga Kam­pung Sapta Marga Leuwiliang yang terkilir di bagian bahu kanan.

Mohammad Rizky (27) warga Kampung Cimanggu, Tanah­ Sareal Kota Bogor (terkilir di tangan sebelah kanan) dan Rizky Firmansyah (22) warga Gunung Batu, Kota Bogor.

Ma’mur berharap peristiwa ini menjadi pembelajaran bagi masyarakat. Menurutnya, mobil pemadam kebakaran harus mendapat prioritas dari pengguna jalan lainnya saat menjalankan tugas.

“Risiko kerja kita taru­hannya memang nyawa. Baik saat di perjalanan. Apa­lagi saat ber­tugas. Memang, kesa­daran mas­yarakat kita masih sangat minim, sering­kali mobil damkar disalip sepeda motor,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Cigudeg, Kompol Asep Supriadi, mobil damkar tergu­ling setelah menghindari sepe­da motor yang menyeb­rang. Sementara, laju mobil damkar dalam kecepatan tinggi.

“Damkar oleng dan tidak bisa diken­dalikan, akhirnya terbalik,” ucapnya.

Akibat peristiwa ini, arus lalu lintas di lokasi kejadian menga­lami kemacetan. Sementara, mo­bil damkar bisa dievakuasi sekitar pukul 17.00 WIB.(cr3/ysp)