25 radar bogor

Terinspirasi Kemenangan Mahatir, PKS Sowan Ke Malaysia

Sejumlah delegasi PKS ketika melakukan silaturahmi dengan partai Koalisi Pakatan Harapan di Malaysia.

JAKARTA – RADAR BOGOR, Malaysia belum lama ini mengalami fenomena politik yang mencengangkan. 9 Juni lalu, menjadi hari paling kelabu bagi koalisi Barisan Nasional atau BN.

Sebab, koalisi yang sebelumnya disebut Aliansi ini akhirnya terjungkal dari pucuk kekuasaan setelah 60 tahun berkuasa di Malaysia. Mereka dikalahkan oleh partai koalisi baru, Pakatan Harapan (PH), yang memenangkan 122 kursi parlemen.

Koalisi ini dipimpin oleh Mahathir Mohamad, yang dulunya merupakan kader terbaik dari koalisi BN. Dan tentu saja, hasil ini ini begitu mengejutkan.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memang tengah memperluas dan mengembangkan jaringan secara global, melihat fakta yang terjadi di negeri Jiran itu khususnya, sebagai sebuah pencapaian yang luar biasa.

Inilah yang kemudian yang medorong PKS untuk melakukan lawatan atau sowan ke beberapa partai yang tergabung dalam Pakatan Harapan (PH) tersebut langsung ke Malaysia. Kunjungan dilakukan pada 6-7 September lalu.

Dalam lawatannya kali ini Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengirimkan sejumlah delegasinya yang dipimpin oleh Farouk Abdullah Alwyni, Head Foreign Service and Public Diplomacy Bureau.

Farouk menilai selain untuk mendengar langsung kesuksesan PH menumbangkan koalisi Barisan Nasional (BN) yang berkuasa selama setengah Abad lebih, kelompok PH juga dianggap memiliki kesamaan visi dengan PKS. Terutama dalam hal keinginan untuk melaksanakan ‘good governance’ di pemerintahan.

“Ketiga partai koalisi Pakatan Harapan (PH) yang dikunjungi oleh Delegasi PKS dalam lawatannya adalah Pam Keadilan Rakyat (PKR), Parti Amanah Negara (Amanah) dan Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM),” ujar dia kepada JawaPos.com, Minggu (16/9) malam.

PKS sendiri, kata Farouk, merasa terinspirasi oleh prestasi dari ketiga partai tersebut.
Dia menegaskan bahwa Pakatan Harapan (PH) mampu memenangkan pemilu di Malaysia dengan strategi-strategi jitu, yang disusun dengan sangat baik oleh partai koalisi.

“Di antaranya dengan mengangkat isu pajak GST yang di anggap memberatkan masyarakat,” ujar pria yang juga dikenal sebagai Praktisi Keuangan Islam
dan Dosen di sejumlah perguruan tinggi terkemuka ini.

Selain Farouk, turut serta dalam rombongan; Ahmad Zaki Sabewhi LC selaku Adviser PKS Malaysian Chapter, Ali Sofyan PhD selaku Coordinator of PKS Malaysian Chapter, Sapto Waluyo MM selaku Deputy Head, Planning Division, Teddy Surya Gunawan PhD selaku Head Asia Pacific Bureau, serta Umar Salim MM selaku General Secretary.

(aim/JPC)