Beranda Bogor Raya

Parkir Liar Menjamur di Taman Situ Plaza, Pemkab Bogor Diminta Tertibkan

(Sofyansyah/Radar Bogor)
GEMBIRA: Meski belum diresmikan warga sudah menggunakan Taman Situ Plaza Cibinong beberapa waktu lalu.

CIBINONG-RADAR BOGOR,Kebera­daan parkir liar di Jalan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, menuai banyak kritikan. Selain parkiran liar, para Pedagang Kaki Lima (PKL) ikut menjamur di taman kota yang hingga kini belum diresmikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Bukan hanya jadi tempat mo­jok ABG, Taman Situ Plaza Cibinong tersebut setiap hari­nya semakin kumuh.

Kondisi ini menjadi perha­tian Ketua BEM Zona Jakarta dan Jawa Barat, Iksan Awaludi. Ia mengutuk keras banyaknya roda dua yang parkir seenaknya di Jalan Tegar Beriman. Pemkab Bogor tidak punya konsep un­tuk pembangunan Taman Situ Plaza. Akibatnya jalan dijadikan tempat parkir.

“Jelas itu mengganggu peng­guna jalan, sebab adanya taman justru menambah beban buruknya Pemkab Bogor. Ha­rusnya dikaji ulang sebelum pembangunan,’’ kata Iksan.

Iksan mengaku ketiadaan lahan parkir merupakan PR Pemkab Bogor. Ia menduga pembuatan Taman Situ Plaza tidak diren­canakan atau dikonsep dengan baik. “Ini bukti-bukti kegagalan bupati dalam memonitoring.

Buktinya, persoalan parkir tidak dipikirkan, sehingga masyarakat parkir di pinggir ruas jalan. Kan itu berbahaya bisa mengganggu pengguna jalan yang sedang berlalu lintas,’’ ujarnya.

Soal keberadaan PKL dan parkir liar, Kepala Bidang Pe­rundang-undangan Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho, mengaku akan mengawasinya. Namun ia belum bisa bertindak karena taman belum diresmi­kan.

“Kami akan tertibkan jika itu benar adanya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Badan Perencanaan Pembangu­nan Penelitian dan Pembangu­nan Daerah (Bappeda) Kabu­paten Bogor, Ajat Jatmika, mengatakan, Taman Situ Plaza Cibinong masuk program Situ Front City.

“Situ Front City itu gagasan untuk membangun citra kota, karena potensi Cibinong itu banyak situ. Situ yang selama ini ter­lupakan sebagai potensi kota­nya,’’ kata Ajat. (mtr/ysp)

Baca Juga