Beranda Politik

Diusung Demokrat, Empat Gubernur Ini Malah Dukung Jokowi-Ma’ruf

Saat ini Ma’ruf Amin telah ditunjuk sebagai cawapres Jokowi. MUI pun segera akan bersidang untuk menentukan posisinya di MUI usai penyelenggaraan ibadah haji.

JAKARTA-RADAR BOGOR,Perhelatan Pilpres 2019 diwarnai dengan sejumlah manuver dari kepala daerah. Ada yang menyatakan mendukung secara terang-terangan, ada juga yang mendukung dengan sikap diam-diam.

Sejumlah nama sudah menyatakan mendukung pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin. Terbaru dari Gubernur Banten Wahidin Halim yang menyatakan mendukung pasangan incumbent. Sebagaimana diketahui, Wahidin Halim terpilih jadi orang nomor satu di Banten karena diusung Partai Demokrat. Dia juga kader partai yang dikomandoi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengaku bersyukur dengan adanya dukungan baru. Menurutnya, adanya tambahan dukungan dari gubernur ini membuktikan kiprah Jokowi selama memimpin Indonesia dirasakan secara positif di daerah.

“Ini bukti apa yang dilakukan Pak Jokowi selama ini bagus ‎dan berhasil,” ujar Karding saat dihubungi, Senin (10/9).

Sebaliknya, kata Karding, jika kinerja Jokowi buruk dalam mengelola pemerintahan, maka tidak mungkin kepala daerah berani mendukung secara langsung. “Kalau tidak berhasil, sudah pasti gubernur-gubernur tersebut tidak akan mau mendukung Pak Jokowi,” katanya.

Contoh perhatian besar Jokowiterhadap daerah yakni pembangunan infrastruktur di Papua. Selama ini pembangunan jalanan sangat lamban, tapi sejak ada Jokowi ada trans-Papua. Begitu juga dengan harga bahan bakar minyak
(BBM) yang sama dengan Pulau Jawa.
“Kita syukuri dan kita akan hormati dan hargai sebagai dukungan dan akan merangkul mereka sebaik-baiknya agar bersinergi menangkan Jokowi dan Pak Kiai Ma’ruf Amin,” ungkapnya.

Sebelum Wahidin Halim, sederet kepala daerah yang menyatakan mendukung Jokowi yakni Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Menariknya semua gubernur itu merupakan kader Partai Demokrat. Bahkan, mereka terpilih jadi orang nomor satu di provinsi karena diusung partai berlambang bintang mercy tersebut.

(ce1/gwn/JPC)

Baca Juga