Beranda Metropolis

Mengikuti Aksi Gerakan Tanam Pohon (GTP) di Graha Pena Radar Bogor

BERBAGI
KOMPAK: Pengurus GTP menanam pohon di depan Graha Pena Radar Bogor, kemarin. (Nelvi/ Radar Bogor)

BOGOR-RADAR BOGOR,Gerakan Tanam Pohon (GTP) tak henti–hentinya menghijaukan Kota Bogor. Aksi yang ke-188 kali ini, dilakukan di halaman Graha Pena Radar Bogor, Kemarin (9/9).

Aksi GTP pekan ini berbeda dari biasanya. Sebab, tim menanam pohon yang sudah berbuah di depan Graha Pena Radar Bogor untuk pertama kalinya.

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor yang juga inisiasi GTP, Heri Cahyono meng­atakan, yang ditanam yakni pohon nang­ka, rambutan, sawo kecik, jambu kristal. Selain itu, tiga pohon kedondong.

Ia menambahkan, kisah unik dan inspiratif dibalik terjadinya penanaman pohon buah kali ini terjadi saat ia bepergian ke Jakarta Pusat dan sedang memikirkan cara untuk menanam dengan pohon yang sudah berbuah.

Tak lama, ia memalingkan wajahnya ke arah Lapangan Banteng yang sedang ada pameran buah, lalu tanpa pikir panjang meng­hampirinya.

“Saya tertarik sekali dan ingin mem­belinya, salah seorang pedagang datang dan bertanya mau cari pohon apa, lalu saya jawab mau pohon seperti ini yang ada buahnya untuk di tanam di Kota Bogor,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kepada pedagang tersebut bahwa tiap Minggu selalu tanam pohon.

“Pedagang itu ternyata mengenal saya dan bilang nama saya Heri Cahyono. Saya kaget kok bisa tahu dan pedagang itu menjelaskan bahwa di kalangan pedagang pohon buah menjadi pembi­caraan,” kenangnya.

Lalu Heri disarankan, untuk ke pusat pembibitan di Bogor biar tidak jauh dan lebih bisa memilih jenis-jenisnya karena jumlah variasinya lebih banyak.

Beberapa hari kemudian, ia mendatangi lokasi. “Saya ngobrol dengan pemiliknya tentang GTP dan aktivitas Ming­guan dan diakhir pembi­caraan, pemiliknya tidak ingin dibayar pohonnya. Ia sangat apresiasi terhadap GTP dan mendonasikan pohon yang sudah saya pilih,” tuturnya.

Ia menambahkan, GTP dalam aksinya ke depan bisa lebih mendapatkan perhatian luas di masyarakat, sehingga masyarakat tergerak untuk dengan sukarela menanam pohon di halaman masing-masing.

Lalu dirinya punya ide, GTP ke depan harus bergerak lebih inovatif dengan cara menanam pohon bibit unggul yang sudah berbuah, sehingga saat ditanam buahnya sudah kelihatan. Masyarakat, kata dia, tentu senang melihatnya dan tertarik serta berharap mereka akan menanam pohon serupa di rumahnya.

“Semua pohon tersebut, kita taman di halaman Radar Bogor, dan ini juga merupakan kehormatan GTP diberikan kesempatan menanam pohon di graha pena,” paparnya.

Ia menambahkan, Radar Bogor punya peran besar dalam mendorong gerakan cinta lingkungan melalui publikasi terhadap kegiatan GTP.

Ketua GTP, Irawati mengu­ngkapkan, rasa syukurnya karena aksi kali ini pertama kalinya menanam pohon buah dan semua didapatkan dengan gratis.

“Untuk mencintai lingkungan merupakan tanggung jawab bersama,” pungkasnya.(cr4/c)

Baca Juga