Beranda Metropolis

Menyaksikan Kecantikan Budaya Nusantara Lewat Karnaval Gebyar Nusantara 2018 IPB

Salah satu kostum dalam acara Karnaval Gebyar Nusantara 2018 IPB, Minggu (9/9/2018).

BOGOR-RADAR BOGOR, Perbedaan membuat negara kita menjadi semakin indah. Keberagaman budaya antar daerah justru semakin memperkaya kebudayaan Indonesia.

Hal itulah yang tercerminkan dalam Karnaval Gebyar Nusantara 2018 yang mengusung tema “Anggana Raras Nusantara” yang berarti Nusantara yang Cantik.

Karnaval yang diselenggarakan oleh Kementerian Seni Budaya Badan Eksekutif Mahasiswa – Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Institut Pertanian Bogor (IPB) ini merupakan salah satu rangkaian acara Gebyar Nusantara (Genus) 2018.

Karnaval ini berlangsung di sepanjang Jalan Sudirman, mulai dari Gedung Jasindo sampai Pusat Pendidikan Zeni Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) pada Minggu (9/9/2018).

Sebanyak 15 Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda) turut memeriahkan karnaval ini.

Masing-masing Omda memperkenalkan kostum dan menunjukkan kesenian adat mereka. Aktivitas ini menarik perhatian masyarakat Bogor yang melintasi jalan tersebut.

Karnaval ini dibuka secara simbolik oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Dr. Drajat Martianto.

“Mahasiswa IPB berasal lebih dari 360 kabupaten/kota di Indonesia dan di masing-masing kabupaten/kota atau provinsi terdapat Omda. Melaui kegiatan ini setiap Omda bisa menunjukkan ekspresi dan kebudayaan dari masing-masing daerah. Saya kira ini merupakan salah satu contoh yang luar biasa dimana perbedaan dan keragaman tersebut dapat menyatu dalam satu kesatuan yang indah,” ungkap Dr. Drajat.

Selain kegiatan ini, rangkaian acara Gebyar Nusantara 2018 pun akan menghadirkan Flash Mob Gebyar Nusantara pada Minggu, 16 September 2018 dan acara puncak Gebyar Nusantara yang akan dilaksanakan pada 30 September 2018. (prh)

Berikut Kegiatan Karnaval Gebyar Nusantara 2018 IPB :

Baca Juga