25 radar bogor

Revitalisasi Pedestrian Suryakencana, Pemkot Gelontrokan Rp14 Miliar

BOGOR– RADAR BOGOR,Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor serius untuk menjadikan Kawasan Suryakencana akan dijadikan “surga” pejalan kaki. Bogor menyiapkan anggaran Rp14,7 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018.

Dalam waktu dekat, pekerjaannya akan segera dimulai dengan proses lelang. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor Chusnul Rozaqi mengatakan, saat ini lebar jalan dengan trotoar pedestrian Jalan Suryakencana kurang lebih sekitar 14 meter.

Direncanakan pedestrian kira-kanan akan dilebarkan menjadi 2,5 meter sesi pertama. Sesi kedua setelah pedestrian untuk pejalan kaki selesai dan anggaran memungkinkan akan ditambah kembali 1 meter untuk jalur sepeda.

“Jadi total pedestrian 7 meter sisi kanan dan kiri. Ditargetkan Oktober sudah bisa dimulai dari selesai di akhir Desember 2018,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Dengan rencana pelebaran pedestrian tersebut, lanjut Chusnul, badan jalan yang bisa dilalui kendaraan berkurang. Dari 10 meter menjadi tujuh meter. Kebijakan tersebut diambil Pemkot Bogor untuk memprioritaskan akses bagi pejalan kaki dari mulai Lawang Suryakencana hingga Gang Aut.

“Rencana awalnya hanya dua meter, baik di sebelah kiri maupun sebelah kanan jalan. Tapi pak wali ingin pedestrian lebih lebar agar benar-benar nyaman untuk pejalan kaki, seperti jalan di Braga, Kota Bandung,” jelasnya.