25 radar bogor

Harus Rampung Pertengahan September, Tol Bocimi Terus Digeber

GEBER PENGERJAAN: Pemerintah terus merampungkan proyek Tol Bocimi jalur alternatif menuju Jawa Barat bagian selatan. Konstruksi proyek tol yang mencapai 77,39 persen ini ditargetkan berfungsi pada mudik Lebaran.

CIAWI–RADAR BOGOR,Diuji layak operasi akhir tahun ini, proyek Tol Bogor, Ciawi, Suka­bumi (Bocimi) digeber.

Pengamat Transportasi, Djoko Setijo­warno mengatakan bahwa jalan tol yang digarap oleh PT Trans Jabar Tol (TJT) itu perlu secepatnya diuji layak operasi.

Karena, ketika uji layak operasi, mem­butuhkan waktu untuk benar-benar me­mastikan bahwa konstruksinya rampung dikerjakan dengan baik.

“Sebe­lum dioperasikan harus dilakukan uji la­yak jalan dulu. Target akhir 2018,” jelas­nya kepada Radar Bogor, kemarin (7/9).

Ia berharap, setelah dioperasionalk­annya Tol Bocimi, bisa memecah kema­cetan di jalur Ciawi. Karena, mobil-mobil besar nantinya tidak lagi melintas di Jalan Raya Caringin-Sukabumi. Me­lainkan melintas di Tol Bocimi. “Tol ini bisa membantu angkutan logistik dari Sukabumi ke daerah lain lebih lancar,” tuturnya.

Sementara, Pimpinan Proyek (Pimpro) Tol Bocimi dari PT TJT, Joko Susilo menjelaskan uji kelayakan ditargetkan pertengahan September ini oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (fik/ysp)