Beranda Ekonomi

BI Takkan Biarkan Rupiah Ambruk Lagi

BERBAGI
Ilustrasi Gedung Bank Indonesia

JAKARTA-RADAR BOGOR,Bank Indonesia (BI) kembali menegaskan komitmennya untuk menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah. Hal ini sekaligus membantah keraguan masyarakat terhadap bank sentral yang dianggap tak serius menjaga Rupiah saat melemah hingga Rp 15 ribu per USD.

“Kami tegaskan komitmen kami untuk memfokuskan kebijakan-kebijakan kami untuk stabilitas nilai tukar dengan sejumlah langkah yang kita lakukan baik yang terkait keberadaan di pasar tapi dengan supply yang terus bertambah sehingga itu mekanisme pasarnya semakin lama semakin kuat,” ujarnya di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (7/9).

Dia menjelaskan, menguatnya Rupiah dalam dua hari terakhir didukung oleh meningkatnya penawaran dari pasar keuangan. “Sehingga membentuk pergerakan kurs yang memang mencerminkan mekanisme supply dan demand di pasar,” tuturnya.

Selain itu, dirinya optimis nilai tukar Rupiah akan segera kembali pada nilai fundamentalnya. Hal ini didorong oleh beberapa capaian positif perekonomian dalam negeri, seperti capaian inflasi, pertumbuhan ekonomi , bahkan juga upaya untuk mengurangi defisit transaksi berjalan.

“Tentu saja kalau kita lihat pergerakan inflasi kita yang sangat rendah, malah deflasi Agustus kemarin, pertumbuhan ekonomi yang cukup bagus, kredit yang sudah lebih dari 10 persen bahkan kecenderungan naik terus apalagi juga dengan langkah-langkah CAD tentu saja itu masih ada ruang untuk rupiah lebih baik lagi kedepannya,” tandasnya.

(hap/JPC)

#bank indonesi

Baca Juga