Beranda Bogor Raya

Ecovillage Dapat Kucuran Dana

ILUSTRASI
KERJA SAMA: Sejumlah warga Desa Banjarwangi, mengecat ban-ban bekas dengan warna-warni untuk ditempatkan di sudut desa.

CIAWI–RADAR BOGOR, Langkah warga Desa Banjarwangi, membangun desa berbudaya lingkungan atau ecovillage, berbuah manis. Salah satu perusahaan ritel terbesar di negeri ini siap menggelontorkan anggaran untuk mengembangkan ecovillage.

“Ini wujud komitmen kami untuk memberikan dukungan kepada masyarakat. Salah satunya adalah pegiat-pegiat aktivitas lingkungan,” kata Irvan Ganevan, perwakilan dari perusahaan ritel tersebut kepada Radar Bogor.

Sementara itu, ketua ecovillage, Nurhayati menegaskan, komit­­mennya menjadikan Banjarwangi sebagai desa berbudaya ling­kungan. Beberapa pengem­bangan yang terus dilakukan dari mulai kreasi sampah, bank sampah, kerja bakti rutin, hingga penataan kampung percontohan ecovillage.

“ Untuk kampung percontohan ini memang tidak mudah, yang kita bangun itu bukan kampungnya, tapi mindset masyarakat dulu,” katanya.

Setelah mindset masyarakat terbangun, ide-ide pun bermun­­culan untuk mengembangkan berbagai hal. Misalnya pemba­ngunan gapura, landmark ecovillage, pembuatan saung pembenihan, pengecatan lingkungan, hingga penataan sepadan saluran air menjadi tempat budi daya ikan.

Saat ini, Ecovillage Banjar­wangi dinyatakan lolos dalam verifikasi tahap II dalam pengembangan kampung ramah lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor. Pada saat yang sama, Ecovillage Banjarwangi terdaftar sebagai peserta Ecovillage Awards Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat.

“Kampung percontohan kami masih dalam proses pengem­bangan dan penilaian. Juara bukan tujuan. Mimpi kami suatu saat kampung ini akan dikunjungi banyak orang,” pungkasnya.(cr3/b)

Baca Juga