Beranda Pendidikan

Latih Mandiri Maba di PPBN

BERBAGI
Ribuan maba Unpak di hari per­tama PPBN mendapatkan berbagai kegiatan kemandirian, kedisiplinan dari anggota Pusdikzi.

BOGOR – RADAR BOGOR, Universitas Pakuan (Unpak) Bogor kembali meng­gelar pendidikan pendahuluan bela negara (PPBN) kepada se­banyak 3.671 mahasiswa baru (Maba) tahun angakatan 38, di Pusat Pendidikan Zeni, selama tiga hari ke depan.

Ribuan maba Unpak di hari per­tama PPBN mendapatkan berbagai kegiatan kemandirian, kedisiplinan dari anggota Pusdikzi. Juga mereka menda­patkan materi yang disampaikan Rektor Unpak, tenaga ahli bidang hubungan internasional dari Lembaga Pertahan Na­sional, Mayjen TNI. Asro Budi dan Kepala BNN Jawa Barat, Brigjen Pol Sufyan Syarif.

Memberikan materi pertama, Rektor Unpak, Bibin Rubini memaparkan materi mengenai wawasan almamater guna mem­bentuk karakter dan pengetahuan mahasiswa.

Menurutnya, pem­bent­ukan karakter sangat penting bagi mahasiswa untuk menen­tukan masa depan mereka.

Tidak hanya itu, ia juga mene­kankan pada mahasiswanya agar menjadi agen perubahan di masa depan. “Bekal ilmu saja tentu tidak cukup di masya­rakat, tapi harus ada keahlian lain seperti wirausaha,” tuturnya.

Masuk pada materi kedua, diberikan oleh Mayjen TNI, Asro Budi yang menerapkan nasionalisme dan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa. Dalam penuturannya, ia menekankan mahasiswa harus memiliki rasa percaya diri dan kemauan yang kuat.

“Kalian masuk Universitas Pakuan harus dengan niat yang kuat. Masuk sini (Unpak, red) nanti lulus dengan IPK 3,8,” tegasnya. Asro menambahkan, pencapaian itu dapat mereka raih jika mahasiswa memiliki keinginan yang kuat akan tujuan mereka.

Sementara, materi ketiga disampaikan langsung oleh Kepala BNN Jawa Barat, Sufyan Syarif yang menyatakan bahwa generasi muda saat ini menjadi target utama pengedar narkoba. Oleh karena itu, ia mengimbau agar mahasiswa memiliki karak ter ­ yang kuat agar terhindar dari jerat narkoba.(ran/pkl1)

Baca Juga