Beranda Asian Games 2018

Optimistis Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

BERBAGI
Menpora Imam Nahrawi

JAKARTA – RADAR BOGOR, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi optimistis Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Olimpiade 2032. Ini dilihat dari seluruh venue cabang olahraga dinilai bertaraf internasional.

Untuk diketahui, Olimpiade merupakan pesta olahraga terbesar dengan melibatkan negara-negara diseluruh dunia. Kejuaraan olahraga tertua ini pertama kali dilakukan tahun 1896. Setelah diselenggarakan di Rio de Janeiro Brasil pada tahun 2016, tiga negara lain sudah ditunjuk sebagai tuan rumah multi-event empat tahunan ini, yakni Tokyo (2020), Paris (2024) dan Los Angeles (2028).

Indonesia yang sukses menyenggarakan Asian Games
2018 ingin turut ambil bagian dan sudah mendaftarkan diri menjadi tuan rumah untuk tahun 2032.

“Kita siapkan itu. Venue kita yang ada di Jakarta, Palembang dan Jawa Barat adalah yang terbaik. Belum lagi dari sisi yang lainnya. SDM (sumber daya manusia, Red) pun luar biasa,” kata Imam dikantornya, Senin (3/9).

Menurutnya, suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 ini menjadi bukti kerja keras semua pihak. Pengalaman di Asian Games 2018 pun diyakini bisa menjadi modal kuat jika nanti Indonesia betul-betul menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

“Pengalaman kepanitiaan kita dipuji masyarakat internasional. Punya tim kreatif yang bagus. Secara kuantitas, peserta Olimpiade juga lebih kecil dari Asian Games. Olimpiade paling banyak 7 ribu atlet. Asian Games kemarin sampai 15 ribu,” tutupnya.

(isa/JPC)

Baca Juga