Beranda Bogor Raya

Miris! Potret Kemiskinan di Kabupaten Bogor, Nenek Penghuni RTLH Ini Tagih Janji Pemerintah

BERBAGI
Nenek Ocoh di kediamannya yang tak layak huni di RT 03/RW 08, Kampung Cijulang Bawah, Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Aroma khas ampas pembakaran kayu mulai semerbak ketika langkah kaki rombongan memasuki pekarangan rumah Nenek Ocoh.

Dahi penghuni Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) itu mengerut sambil menjawab salam. Aroma itupun semakin menusuk hidung.

Kerutan dahi Nenek Ocoh perlahan lenyap. Senyum renyah pun hadir ketika tau siapa yang mengunjungi rumah yang telah membesarkan anak dan cucunya itu.

Belasan tahun, Nenek Ocoh bertahan hidup di bawah garis kemiskinan. Tak ada satu kata keluhan dari buruh tani itu.

Ia bahkan terlihat sumringah ketika menyajikan air putih hangat dengan gelas kepunyaannya yang tak serupa.

Alas duduk yang telah berbusa, dinding bilik kotak-kotak dengan cat yang mengelupas, menjadi saksi perjuangan Nenek Ocah menjalani hidup penuh rasa syukur.

“Alhamdulillah tiasa emam keneh, sa ayana (masih bisa makan walau apa adanya),” kata Nenek Ocah, saat berbincang dengan radarbogor.id di RT 03/RW 08, Kampung Cijulang Bawah, Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Ia lantas mengenang masa-masa bahagianya bersama sang suami tercinta, 10 tahun lalu. Nenek Ocoh memang tangguh. Tak sedikitpun ada beban dalam hidupnya. Senyumnya yang penuh arti, Nenek Ocoh terlihat bersemangat berdiskusi.

Ia lantas mempertanyakan janji pemerintah untuk memberikannya rumah layak huni.

“Jadi iraha cenah den Imah ema dibenerkeun teh? Lain kapungkur atos dipoto-poto? (Jadi kapan rumah emak diperbaiki nak? Bukan kah dulu sudah difoto-foto?),” tanya Sang Nenek.

Raut wajahnya sepintas berubah ketika ia dijelaskan oleh warga sekitar yang mengantarkan sejumlah pewarta. Ia kemudian tersenyum dan mengucapkan terima kasih.

Nenek Ocoh mencurahkan isi hatinya. Seingatnya, belum ada bantuan dari pemerintah atau kepanjangan tangannya kepada keluarganya. Kendati demikian, lagi-lagi iya mengucap rasa syukur.

Kepala Desa Sukaharja, Santoso tak menampik ada warganya yang belum kebagian rehab RTLH. Santoso siap membantu Nenek Ocoh memperoleh haknya.

“Periode anggaran kedua insya Allah cair dalam waktu dekat. Karena anggaran tidak sekaligus, insya Allah Oktober anggaran turun. Termasuk untuk rehab rumah Nenek Ocoh,” kata Santoso. (bil)

Baca Juga