25 radar bogor

Vokom UI Bantu 5000 Jurnalis Peliput Asian Games 2018

Mahasiswa Vokasi Komunikasi UI ketika melayani selah seorang jurnalis asing peliput Asian Games 2018. (Ist/Jawapos.com)
Mahasiswa Vokasi Komunikasi UI ketika melayani selah seorang jurnalis asing peliput Asian Games 2018. (Ist/Jawapos.com)

JAKARTARADAR BOGOR, Sekolah Vokasi Komunikasi (Vokom) Universitas Indonesia ikut berkontribusi dalam Asian Games 2018. Mereka mengirimkan sekitar 95 orang, yang terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Para dosen dan mahasiswa ini membantu pengelolaan informasi serta pelayanan jurnalis di Media Center dan International Broadcast Center (IBC). Ada 17 bidang area yang menjadi tugas mereka.

Logger, Information, Logistic, Contribution & Distribution of Transmission, Camera, Audio, Liaison and Information, Venue, Press Conference dan lain-lain.

“Seluruh tim bekerja di 16 lokasi berbeda seperti di Istora, JCC, Stadium Utama, International Equestrian, JIEXPO Kemayoran, Padepokan Silat TMII, Wibawa Mukti Stadium Cikarang dan lainnya,” ujar Kepala Program Studi Vokasi Komunikasi UI, Devie Rahmawati kepada JawaPos.com, Senin (20/8).

Devie menambahkan, para dosen dan mahasiswa telah memulai aktivitas ini semenjak awal tahun 2018, yang dimulai dari tahap seleksi internal, rekrutmen, traning. “Mereka membantu persiapan pelaksanaan seperti pendaftaran lebih dari 5000 jurnalis dari seluruh dunia,” jelas dia.

Senada, Kepala Lab Vokasi Komunikasi UI, Amelita Lusia menjelaskan, para peserta magang ini berkesempatan untuk berinteraksi dengan 5000 awak media, 15.000 atlet dan manajemen, di 465 kegiatan dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Para dosen dan mahasiswa Vokom UI bekerja dalam pembagian waktu kerja yang professional di bawah bimbingan para mentor dari Inasgoc serta IGBS yang berasal dari Perancis, Inggris, Amerika dan negara-negara lainnya,” pungkasnya.

(ika/JPC)