25 radar bogor

Ini Kesalahan Siman Hingga Akhirnya Kalah

Perenang putra Indonesia I Gede Siman Sudartawa (INASGOC/Rosa Panggabean)
Perenang putra Indonesia I Gede Siman Sudartawa (INASGOC/Rosa Panggabean)

JAKARTARADAR BOGOR, Pelatih tim renang putra Indonesia Albert Susanto mengakui bahwa memang ada yang salah dengan teknik yang digunakan oleh I Gede Siman Sudartawa. Kesalahan teknik tersebut membuat Siman akhirnya gagal menyabet medali di nomor 50 meter gaya punggung putra.

Menurut Albert, gerakan Siman terlalu menjorok ke kanan sehingga tubuhnya mengenai tali lintasan. “Dari start, under water sudah bagus. Cuma miring saja ke kanan, jadi tanggannya bergesek dengan tali lintasan. Nah, itu yang akhirnya buat blunder,” ujar Albert, Senin (20/8).

Albert menuturkan, ia sudah menyampaikan ke Siman bahwa ia hanya perlu melakukan 37-38 gerakan untuk sampai ke garis akhir. Namun, karena blunder tersebut, Siman akhirnya melakukan gerakan lebih dari yang ditargetkan.

“Tadi kita lihat ada 2 gerakan tambahan ya di akhir. Harusnya dia bisa tahan. Sampai di 40 meter saya rasa dia masih di ranking dua. Tapi di 10 meter terakhir itu saja dia bikin kesalahan,” terangnya.

Selain itu, menurut Albert, Siman juga berenang dengan sedikit emosi sehingga fokusnya hilang. Padahal, Siman sudah diingatkan agar tidak hilang fokus karena bisa berakibat fatal.

Untuk diketahui, Siman gagal menyumbang medali di nomor 100 dan 50 meter gaya punggung putra. Siman finis di urutan kedelapan di nomor 100 meter, sementara di nomor 50 meter ia hanya finis di posisi kelima.

(rgm/JPC)