25 radar bogor

Tidak Lihat Bendera, Siman Gagal Sumbang Medali

Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa (Isa Bustomi/JawaPos.com)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Perenang andalan Indonesia I Gede Siman Sudartawa dilanda kekecewaan berat setelah gagal memberikan medali pada nomor 100 meter gaya punggung di Asian Games 2018. Atlet asal Bali ini hanya berada di urutan kedelapan dengan catatan waktu 58,82 detik.

Bermain di Stadion Akuatik Senayan, Jakarta, Minggu (19/8), Siman tampil cukup baik dari babak awal. Siman yang turun di heat 4 berhasil masuk final setelah mencatatkan waktu 55,48 detik.

Nahas, Siman harus gigit jari di babak final. Lantaran tidak melihat bendera yang menjadi patokan untuk berbalik arah, Siman akhirnya kecolongan.

“Tadi benderanya benar-benar nggak kelihatan. Yang harusnya aku salto, malah hand touch. Tapi ini jadi pengalaman,” kata Siman usai pertandingan dengan wajah kecewa.

Siman pun harus merelakan medali emas jatuh ke tangan perenang Tiongkok Xu Jiayu. Medali perak dan perunggu masing-masing didapatkan Ryosuke Irie (Jepang) dan Lee Juho (Korea Selatan).

Bermain sebagai tuan rumah pun diakui Siman ikut membuatnya tegang hingga konsentrasinya pecah. “Mungkin (karena, Red) euforianya tuan rumah, terus harapannya gede juga ke aku. Jadi ada tekanan juga,” katanya

Siman masih akan turun di nomor 50 meter gaya punggung. Di nomor andalannya tersebut, Siman bertekad menebus kekalahannya. “Saya harus lebih fokus lagi. Hari ini kayanya fokus benar-benar hilang,” katanya.

(isa/JPC)