25 radar bogor

Sumbang Medali Emas Pertama untuk Indonesia, Defia Teteskan Air Mata

Atlet taekwondo putri Defia Rosmaniar menyabet medali emas pertama untuk Indonesia di Asian Games 2018. Defia meraih juara di nomor poomsae tunggal putri. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Atlet taekwondo putri Defia Rosmaniar menyabet medali emas pertama untuk Indonesia di Asian Games 2018. Defia meraih juara di nomor poomsae tunggal putri. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Atlet taekwondo putri Indonesia Defia Rosmaniar berlinang air mata saat berhasil menyumbang medali emas pertama untuk Indonesia di Asian Games 2018, Minggu (19/8). Defia, yang turun di nomor poomsae tunggal putri sukses naik ke podium tertinggi setelah mengalahkan wakil Iran Sakahshouri Marjan.

Kemenangan Defia juga terasa spesial karena disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Jokowi juga menyempatkan diri menemui Defia yang tengah banjir air mata sesudah didapuk menjadi juara.

Bermain di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (19/8), Defia melangkah dengan perlahan namun pasti. Pada babak penyisihan, Defia berhasil mengalahkan Wong Ka Yiu (Hongkong) dan Chau Tuyet Van (Vietnam) hingga melangkah ke semifinal.

Di babak empat besar, Defia menundukkan wakil Korea Selatan Yun Jihye setelah memperoleh 8.520 poin. Gemuruh penonton di JCC pun meledak saat Defia dinyatakan menjadi pemenang setelah meraih 8.690 poin, sementara Marjan hanya mampu membuat 8.470 poin.

“Saya bangga dan senang. Terima kasih kepada Allah SWT, kemudian juga para masyarakat Indonesia atas doa dan dukungannya,” kata Defia sambil terisak-isak.

Mendapatkan emas di Asian Games perdananya, Defia mengaku mempersembahkan medali tersebut untuk kedua orangtuanya. “Pertama buat ayah, mama, dan pelatih. Semoga ini menjadi motivasi untuk temen-temen atlet lainnya untuk dapat merebut emas,” tutupnya.

(isa/JPC)