25 radar bogor

Pujian Media Asing Terhadap Opening Ceremony Asian Games 2018

Salah satu pertunjukan dalam Opening Ceremony Asian Games 2018, Sabtu
Salah satu pertunjukan dalam Opening Ceremony Asian Games 2018, Sabtu

JAKARTA-RADAR BOGOR, Gelaran Opening Ceremony Asian Games 2018 memang sudah berlalu. Namun, acara yang dihelat pada Sabtu (18/8) malam WIB itu masih menjadi pembicaraan publik. Bukan apa-apa, acara yang dikemas mengundang decak kagum penonton yang hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno maupun lewat layar kaca. Bahkan, pembukaan spektakuler itu mendapat pujian dari sejumlah media asing.

Media-media asing itu tak hanya dari Asia, pun dari Eropa. Dalam pemberitaan mereka, semua kagum dengan kemasan acara Opening Ceremony Asian Games 2018.

Asian Games 2018, Opening Ceremony, Media Asing
Artikel di Reuters terkait Opening Ceremony Asian Games 2018 (Screenshot Reuters)

Salah satu media asing Eropa yang memberikan pujian adalah kantor berita Reuters. Media yang berbasis di London, Inggris, itu lewat situs online-nya memberitakan Opening Ceremony Asian Games 2018 dengan judul “Indonesia welcomes Asia with explosive opening ceremony”. Pujian dialamatkan terkait pertunjukan spektakuler dengan setting panggung menggambarkan gunung berapi.

Asian Games 2018, Opening Ceremony, Media Asing
Artikel di Straits Times terkait Opening Ceremony Asian Games 2018 (Screenshot Straits Times)

Selain itu, Reuters juga memuji kemasan bagaimana kehadiran Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang dibungkus dengan penuh drama. Presiden Jokowi menaiki motor gede hingga ke panggung sebelum akhirnya membuka secara resmi Asian Games 2018.

Asian Games 2018, Opening Ceremony, Media Asing
Artikel di The Star terkait Opening Ceremony Asian Games 2018 (Screenshot The Star)

Sementara itu, sejumlah media Asia yang memberikan pujian terhadap kemegahan upacara pembukaan adalah The Straits Times dari Singapura. Seperti dilansir JPNN.com (Jawa Pos Group), pujian The Straits Times tertuju pada panggung sepanjang 120 meter dan lebar 30 meter yang dilengkapi gunung api serta air terjun. The Straits Times memberikan judul, “Asian Games: Indonesia welcomes continent for 18th Asiad with spectacular opening ceremony”.

Asian Games 2018, Opening Ceremony, Media Asing
Artikel di Xinhua terkait Opening Ceremony Asian Games 2018 (Screenshot Xinhua)

Dari Malaysia, laman The Star juga menurunkan artikelnya yang berisi pujian dan berjudul “Asian Games back in Indonesia after 56 years with a grand opening ceremony”. Dalam artikel di www.thestar.com.my, menceritakan video tentang Presiden Joko Widodo menaiki motor gede untuk membuka Asian Games 2018.

“Presiden Joko Widodo tiba dengan sepeda motor ke dalam stadion berkapasitas 76 ribu yang bergemuruh,” tulis The Star.

Asian Games 2018, Opening Ceremony, Media Asing
Artikel di New York Times terkait Opening Ceremony Asian Games 2018 (Screenshot New York Times)

Kantor berita Xinhua di Tiongkok juga memberikan pujian untuk Opening Ceremony Asian Games 2018 di Jakarta. “Asian Games open in Jakarta amid grand ceremony,” demikian judul tulisan kantor berita pemerintah Tiongkok itu.

Tak hanya dari Eropa dan Asia yang memberikan pujian, media Amerika Serikat pun tak ketinggalan. New York Times menurunkan berita mengutip dari Reuters yang berjudul “Indonesia welcomes Asia with explosive opening ceremony”.

Asian Games 2018, Opening Ceremony, Media Asing
Artikel di Gulf News terkait Opening Ceremony Asian Games 2018 (Screenshot Gulf News)

Dari Timur Tengah, media yang berpusat di Dubai, Gulf News, memberikan pujian terhadap pembukaan Asian Games 2018 dengan judul “Energy of Asia Explodes at Jakarta”.

(epr/jpg/JPC)