25 radar bogor

Malam Ini, Kereta MRT Dikirim ke Lebak Bulus

Empat set MRT Jakarta akan tiba di Lebak Bulus malam ini (Dok. JawaPos.com)
Empat set MRT Jakarta akan tiba di Lebak Bulus malam ini (Dok. JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Empat set kereta pesanan PT Mass Rapid Transit (MRT Jakarta) telah tiba di Jakarta setelah mengarungi lautan menggunakan kapal pengangkut SE Potentia selama kurang lebih 14 hari sejak diberangkatkan dari Toyohashi Jepang pada 4 Agustus 2018. Setiap rangkaian atau set Kereta MRT Jakarta terdiri dari enam kereta (car), sehingga dalam pengiriman kali ini terdapat 24 kereta (car).

“Direncanakan pada 19 Agustus malam hingga 27 Agustus malam rangkaian kereta tersebut akan dikirimkan dari pelabuhan menuju Depo MRT Jakarta di Lebak Bulus, dengan 4 kereta (car) untuk tiap pengiriman per malam,” ujar Corporate Secretary MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah di Jakarta, Minggu (19/8).

Menurutnya, kedatangan empat rangkaian atau set kereta ini menyusul dua rangkaian kereta lainnya yang saat ini tengah digunakan dalam System Acceptance Test (SAT). Dengan demikian rangkaian/set Kereta MRT Jakarta saat ini telah berjumlah 6 rangkaian/set.

“Untuk fase 1 MRT Jakarta (Lebak Bulus–Bundaran HI) akan menggunakan 16 rangkaian/set kereta, dimana 14 dioperasikan sedangkan 2 menjadi cadangan. Secara bertahap, rangkaian-rangkaian kereta akan terus dikirimkan ke Jakarta hingga memenuhi jumlah tersebut dengan jadwal pengiriman rangkaian kereta terakhir pada November 2018,” jelasnya.

Sepert diketahui, hadirnya MRT Jakarta adalah terobosan baru bagi transportasi publik di kota ini. Tidak hanya akan meningkatkan mobilitas, MRT Jakarta juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara dan menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan, seiring dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat Jabodetabek yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

(mys/JPC)