25 radar bogor

Seru! Basah-basahan di Kampung Warna Warni Katulampa

Keseruan lomba agustusan di Katulampa (dok.Radar Bogor)

BOGOR–RADAR BOGOR,Hari kemerdekaan pun dira­sa­kan Kampung Warna Warni Kelurahan Katulampa Bogor, yang menggelar pesta rakyat, kemarin. Acara tersebut, juga dihadiri langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya beserta jajaran­nya. Bahkan, yang menarik, wali kota bersama warga ikut mencebur ke sungai dan main basah-basahan.

Lurah Katulampa, Tubagus Taufik Rah­man mengatakan, partisipasi ma­sya­rakat ini sangat hebat. Dan sebe­narnya masya­rakat memang hebat tergantung bagaimana kembali pada leadership. “Kami diawali dari gerakan masyarakat sadar wilayah (gemar sawi) dan insya Allah, gemar sawi ke depan mungkin bisa dikatakan dengan salah satu icon-nya Katulampa,” bebernya kepada Radar Bogor.

Dan itu apa pun bentuknya, lanjut Taufik, masyarakat button up, masyarakat hebat, ma­syarakat berkarya, dan masya­rakat menginginkan beberapa ribu inovasi dari gerakan masya­rakat sadar wilayah. “Bentuk partisipasi masyarakat sangat hebat, karena masyarakat sudah tersadar­kan. Mereka sadar bah­wa menjaga lingku­ngan itu dengan kesadarannya,” ujarnya.

Karena biar bagaimana juga, sam­bung dia, mereka mempu­nyai program–program salah satunya ngamumule lembur, yakni ngabersihan lembur, menata lemburnya, meluruskan yang bengkok pada masya­rakatnya. “Yang tadinya dulu itu ketidakpedulian mereka di sini, tapi alham­dulillah de­ngan adanya program gerakan masyarakat sadar wilay­ah, mereka menya­dari karena gera­kan sadar wilayah itu kembali lagi pada hati nurani, yang berujung pada kasih sayang,” ucapnya.

Ia menambahkan, atas nama pemerintah Katulampa, sangat mengucapkan apresiasi terima kasih, masyarakat senang, masyarakat bahagia karena dikembalikan lagi pada masya­rakat. “Kalau Saya lihat, ini merupakan salah satu nilai–nilai bagaimana pemerin­tah hadir di tengah masyarakat. Itu hebatnya pemerintah kota Bogor,” terangnya.

Masih kata Taufik, berbicara kegiatan hari ini, ada enam item yang terakhir ini salah satunya nebar ikan. Hadiahnya pun ikan.(cr4/c)