25 radar bogor

Jadikan Transmigrasi Pusat Ekonomi Baru

Dirjen PKTrans M. Nurdin (istimewa)
Dirjen PKTrans M. Nurdin (istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, pProgram transmigrasi yang diterapkan oleh pemerintah saat ini menjadi ujung tombak untuk mendongkrak perekonomian masyarakat di Indonesia. Yakni, menjadi bibit lahirnya pusat-pusat perekonomian baru di berbagai kawasan Indonesia.

Melalui Direktorat Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) kini tengah menggalakkan program revitalisasi yang bertemakan Wajah Baru Kawasan Transmigrasi. Sehingga, transmigrasi bukan hanya menjadi suatu program perpindahan penduduk saja, melainkan juga menjadikan sejumlah wilayah yang sebelumnya merupakan daerah terisolir kemudian menjadi berkembang seiring dengan kedatangan para transmigran.

Dirjen PKTrans, M Nurdin mengungkapkan, program transmigrasi dengan konsep baru ini diupayakan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kemiskinan serta ketimpangan sosial dan spasial.

“Saat ini dirasakan sebaran penduduk Indonesia masih terpusat di Pulau Jawa, Sumatera dan sebagian kecil di Sulawesi. Maka itu, dengan skema atau konsep baru ini, sebarannya harus merata hingga ke wilayah Indonesia timur,” terang Nurdin saat ditemui di kantor Kemendes PDTT, baru-baru ini.

Nurdin menjelaskan, dalam menjalankan konsep tersebut tentu Kemendes PDTT tidak akan sendirian. Pihaknya akan bersinergi dengan berbagai program prioritas yang dimiliki oleh kementerian dan lembaga lainnya. Sehingga, di setiap kawasan transmigrasi mampu mengembangkan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) hingga berskala ekonomi besar.

Sebagai bentuk apresiasi kepada Transmigran yang telah memberikan kontribusi pada pengembangan ekonomi kawasan maka Kemendes PDTT juga akan memberikan penghargaan kategori Transmigran Teladan yang dipilih dari seluruh Indonesia. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada transmigran yang mampu mengembangkan dan mendukung kawasan transmigrasi mandiri.

(srs/JPC)