25 radar bogor

Ada TKA Liar di Klapanunggal, Disnakertrans Jabar Terjunkan Tim Pengawas

TKA Tiongkok yang diontrog warga di kawasan pembangunan tambang PT Indo Global Klapanunggal, Bogor, Senin (13/8/2018).
TKA Tiongkok yang diontrog warga di kawasan pembangunan tambang PT Indo Global Klapanunggal, Bogor, Senin (13/8/2018).

BOGOR – RADAR BOGOR, Temuan 10 orang tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok oleh warga Klapanunggal di area pembangunan tambang PT Indo Global, disikapi serius Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat.

Perusahaan Pekerjakan TKA Tiongkok, Warga Klapanunggal Ngamuk Ontrog PT Indo Global

Mengetahui hal itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Ferry Sofwan Arif, langsung menugaskan tim untuk memantau langsung ke lokasi, yakni di Kampung Sindang Lengo RT 04/RW 04, Desa Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

“Saya sedang menugaskan ada yang memantau ke lokasi,” kata Ferry, merespon pertanyaan yang dilayangkan radarbogor.id melalui layanan pesan singkat ponselnya.

Warga Ontrog TKA Tiongkok, Ditanya Paspor Ngakunya sudah di Imigrasi

Ferry juga mengatakan, tim yang ditugaskan itu berasal dari fungsional pengawasan ketenagakerjaan. “Pengawas tenaga kerja yang akan terjun,” tandas Ferry.

Sebelumnya, warga Klapanunggal memergoki 10 orang TKA tengah berkerja sebagai buruh kasar di PT Indo Global. Terungkapnya TKA tanpa izin itu diawali kekesalan warga setempat yang tidak diakomodir sebagai pekerja.

Aksi warga tersebut terekam dalam video yang beredar di media sosial. Massa yang mengepung perusahaan tersebut makin mengamuk, saat mendapati belasan TKA asal Tiongkok tengah bekerja di kawasan pertambangan kapur itu. (bil)