25 radar bogor

Keren! Merah Putih Raksasa Berkibar di Munara

TAMPIL BEDA: Sekelompok anggota pencinta alam memasang bendera merah putih raksasa berukuran 6 x 22 meter di Gunung Munara, Rumpin.
TAMPIL BEDA: Sekelompok anggota pencinta alam memasang bendera merah putih raksasa berukuran 6 x 22 meter di Gunung Munara, Rumpin.

BOGOR-RADAR BOGOR, Bendera merah putih berukuran raksasa dengan lebar 6 meter dan panjang 22 meter, sejak Minggu (12/8) hingga Minggu (19/8) mendatang.

Pemasangan bendera merah putih raksasa ini sudah kali keempat dilaksanakan, dan sudah menjadi tradisi untuk menyambut pertambahan usia Republik Indonesia atau HUT RI.

Sebelum dikibarkan, bendera merah putih raksasa ini diarak dengan diiringi Paskibraka di ruas Jalan Utama Prada Samlawi.

“Pengibaran bendera ini sudah kali keempat di situs Gunung Munara. Uku­rannya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, 6×22 meter,” urai Ketua Panitia Pengibar Bendera, Mulya Diva.

Dia menambahkan, pengibaran bendera dilakukan lebih awal karena terbentur dengan acara yang sering dilakukan di pusat Kecamatan Rumpin. Sebabnya, setiap Agustusan Kecamatan Rumpin selalu berbeda dengan kecamatan yang lainnya di Kabupaten Bogor.

“Kita kibarkan lebih awal karena dari tahun ke tahunnya suka begitu. Kalau dibarengi, kita mentok dengan jadwal yang di pusat Kecamatan Rumpin yang padat dengan kegiatan,” ujarnya.

Menurutnya, acara sengaja dilakukan selain HUT Ke-73 RI mengenang para pahlawan yang sudah memerdekakan bangsa ini dengan hasil perjuangan.

Terlebih, catatan sejarah bahwa Kecamatan Rumpin telah terjadi peperangan Revolusi Fisik pada 1945 untuk mempertahankan kemerdekaan.

Sementara itu, Danramil Rumpin Kapten Inf. Marwoto menambahkan, kegiatan yang rutin di lakukan setiap tahun pada acara 17 Agustusan dilakukan oleh masyarakat Rumpin. Acara pada tahun ini, selain di Situs Gunung Munara, acara pengibaran juga di laksanakan di Gunung Haur Desa Rabak yang dilaksanakan sehari.

“Kita harus menghormati para pejuang kemerdekaan yang telah gugur,” tandasnya.(wil/c)