25 radar bogor

Kerja Sama PGN dan Tiga BUMN, Kucurkan Dana Instalasi Listrik 2.000 Warga

 KERJA SAMA: PGN, PLN, PT Pos Indonesia, dan Perum Percetakan Negara bekerja sama dalam penyambungan listrik untuk 2.000 warga tidak mampu di kota dan Kabupaten Bogor. (PGN for Radar Bogor)

BOGOR–RADAR BOGOR,Sebagai komitmen dan mewujudkan program BUMN Hadir untuk Negeri, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bersama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), dan Perum Perceta­kan Negara RI bekerja sama dalam penyambungan listrik untuk 2.000 masyarakat ti­dak mampu di Kota dan Kabu­pa­ten Bogor.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama mengatakan, sebagai BUMN para pihak sepakat bekerja sama sebagai upaya menjamin penyam­bungan listrik untuk masyarakat tidak mampu.

“Biaya penyam­bungan didanai dari dana program BUMN hadir untuk negeri oleh PGN,” ujarnya.

Program ini, kata dia untuk meningkatkan rasio elektrifikasi serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang salah satunya adalah listrik, sehingga dapat meningkatkan produk­tivitas masyarakat.

Sementara itu sebelumnya, BUMN juga melakukan program elektrifikasi sebanyak 9.114 sambungan di 34 provinsi. Sejalan dengan slogan BUMN Hadir untuk Negeri, Kemen­terian BUMN menugas­kan BUMN untuk berkontribusi melistriki wilayah masing-masing berdasarkan penetapan dari Kementerian BUMN.

Dengan merujuk Surat Men­teri Badan Usaha Milik Negara Nomor S-810/MBU/S/08/2018 pada 6 Agustus 2018, PGN mendapat penugasan untuk melistriki wilayah Kabu­paten Bogor dan Kota Bogor.

“De­ngan target sejumlah 2.000 satuan sambungan dengan tarif RT 1 dan daya tersambung 450 VA,” jelasnya.

Sementara itu program ini terjalin melalui perjanjian kerja sama yang ditandata­­nga­ni Direktur Bisnis Regio­nal Jawa Bagian Tengah PLN Amir Ro­sidin, Direktur SDM dan Umum PGN Desima Equalita Siahaan, Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan Pos Indonesia Ihwan Sutardi­yan­tai, dan Direktur Utama Pe­­rum Percetakan Negara Djak­fa­ru­din Junus di Kementerian BUMN, belum lama ini (7/8).(mer/c)