25 radar bogor

Festival Film Pendek akan Meriahkan Asian Games dan APG 2018

Warga berfoto dengan maskot Asian Games 2018.
Warga berfoto dengan maskot Asian Games 2018.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Upaya untuk terus menggeliatkan promosi Asian Games 2018 dan Asian Para Games serta sekaligus melahirkan sineas muda dilakukan oleh Kemenpora.

Caranya, dengan menggelar festival film pendek untuk menyambut Asian Games dan Asian Para Games (APG) 2018.

Dari ratusan pesertabyang ambil bagian, akhirnya terpilih hanya 10 film pendek untuk masuk nominasi. Panitia dan juri festival ini yang berasal dari Kemenpora, Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI), dan aktor senior Slamet Rahardjo, menjadikan kriteria pemilihan pemenang semakin ketat.

“Festival Film Pendek kali ini akan menjadi sebuah momentum emas bagi para sineas muda, untuk mengadu kreativitas yang beriringan dengan perhelatan akbar multi event empat tahunan tingkat Asia di Jakarta-Palembang,” ujar Asisten Deputi I Bidang Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora, Junaedi di Teater Kemenpora, Senin (13/8/2018).

“Mereka bisa berpartisipasi membuat film pendek dalam event Asian Games yang belum tentu mereka buat dalam kurun 30 tahun ke depan. Jadi eventnya seperti itu. Walaupun belum dapat juara dan hanya masuk nominasi, itu akan menjadi sebuah ingatan penting,” sambungnya.

Juara pertama festival ini direbut oleh peserta asal Bandung dengan judul film Adharma yang mengantongi nilai 93.

Film tersebut menceritakan perjuangan atlet lari yang masih mengandalkan bantuan jimat dalam kariernya sebagai atlet.

Sementara, runner-up diraih film produksi mahasiswa Universitas Pakuan Bogor dengan judul film Mengucap Syukur yang mengantongi skor 92.

Film yang menceritakan kehidupan atlet renang difabel yang ditinggal ibunya saat persiapan Asian Para Games.

Peringkat ketiga diraih film produksi Aksara Buana dari Kepulauan Riau dengan skor 91. Film yang berkisah tentang atlet dayung yang berasal dari keluarga seorang nelayan. (dkk/ysp)