25 radar bogor

Pilih Ma’ruf Amin, Jokowi Gugurkan Stigma Musuhi Ulam

Ilustrasi Jokowi-Maruf Amin
Ilustrasi Jokowi-Maruf Amin

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo memilih Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Maruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi dirinya dalam Pilpres 2019.

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai, Pilihan Jokowi kepada KH. Ma’ruf Amin menjadi cawapres merupakan pilihan yang didasarkan pada sejumlah pertimbangan dan kesepakatan dari para partai koalisi.

“Pertama karena Jokowi ingin membuktikan komitmennya dalam menghargai peran ulama dan umat Islam,” kata Karyono kepada JawaPos.com, Kamis (9/8).

Selain itu, kata Karyono, alasan memilih KH. Ma’ruf Amin mengkonfirmasi bahwa sosok Jokowi adalah seorang muslim sejati. “Pilihan pak Jokowi pada sosok KH. Ma’ruf Amin menggugurkan anggapan beberapa pihak yang mengatakan pemerintahan Jokowi memusuhi ulama,” ucap Karyono.

Karyono menilai, Maruf sosok ulama yang bisa diterima semua kelompok Islam dan juga umat beragama lain. Sehingga pasangan ini dinilai akan diterima dari berbagai kalangan.

“Karena spirit pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin adalah mewujudkan persatuan nasional,” pungkasnya.

(rdw/JPC)