25 radar bogor

Melunak! Demokrat Akhirnya Sepakat Usung Prabowo-Sandiga Uno

Prabowo Subianto dan SBY
Prabowo Subianto dan SBY

JAKARTA-RADAR BOGOR, Partai Demokrat akhirnya sepakat mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai calon presiden dan wakil presiden dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Demokrat pun ikut mengantar Prabowo-Sandiaga untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sejak awal sudah kami katakan bahwa Partai Demokrat mengusung dan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden,” kata Sekretaris Jenderal Demokrat Hinca Panjaitan, di rumah Prabowo, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

“Dan hari ini kami buktikan itu, tentang siapapun wakilnya, sekarang Pak Sandi itu kewenangan calon presiden. Dan karena itu kami terima,” ujarnya melanjutkan.

Hubungan Demokrat dan Gerindra sempat memanas pada detik-detik terakhir deklarasi Prabowo-Sandi.

Wakil Sekjen Demokrat Andi Arief bahkan menyebut Prabowo sebagai Jenderal Kardus. Andi mengatakan Prabowo mengkhianati komitmen koalisi dengan cara memilih Sandi sebagai cawapres.

Wakil Ketua Umum Royu Suryo menyatakan partainya trauma dengan keputusan Prabowo memilih Sandi sebagai cawapres. Tetapi Demokrat, kata Roy, tetap akan menatap ke depan menghadapi Pilpres 2019.

Upaya lobi dari Gerindra untuk merangkul Demokrat pun tetap dilakukan. Prabowo, hanya sehari setelah diejek sebagai Jenderal Kardus, langsung mendatangi kediaman SBY di Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Namun pertemuan itu tak menghasilkan kesepakatan bersama yang biasanya diumumkan kepada wartawan.

Prabowo kembali menemui SBY beberapa jam sebelum mengumumkan Sandi sebagai capres. (ysp)