Beranda Bogor Raya

Cegah Pencemaran Sungai Cipamingkis

BERBAGI
PEDULI
LINGKUNGAN: Kelompok peserta Diklat Reform Leader Academy (RLA) XII LAN RI, saat menyerahkan pohon kepada warga di Kecamatan Jonggol, kemarin.

JONGGOL–RADAR BOGOR,Kelompok peserta Diklat Reform Leader Academy (RLA) XII LAN RI berkomitmen untuk menjaga sungai khususnya keberadaan sungai Cipamingkis yang merupakan anak sungai Citarum.

Kegiatan tersebut diwujudkan dalam implementasi rencana aksi birokrasi yang di dalamnya terdapat sosialiasasi dan aksi nyata untuk menjaga sungai. Ketua Tim Diklat, Endah Nurmayati mengatakan, aksi yang dilakukan dirinya bersama tim merupakan aksi untuk mencegah agar sungai Cipa­mingkis tidak tercemar. Hal tersebut dikarenakan, banyak warga yang masih menggunakan air Cipamingkis untuk kehidupan sehari-hari.

“Kita akui masyarakat kita masih mempunyai kebiasaaan buruk mem­buang sampah di sungai, oleh karena itu melalui kegiatan ini, kita ingin mem­berdayakan masyarakat dengan mem­berikan pelatihan bagaimana mengelola sampah terutama sampah plastik agar dapat di reduce, reuse dan di recycle (3R) yang akhirnya nanti tidak mencemari sungai” ujar Endah saat saat berada di Kampung Dayeuh, Desa Sukanegara, Kecamatan Jonggol, Kamis (9/8).

Endah menambahkan, ia bersama tim diklat juga mempersiapkan ren­cana-rencana program yang nantinya akan dijadikan usulan serta masukan kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat bagaimana membuat sebuah kebijakan dalam menata sungai dan daerah sekitarnya. ”Kita akan mem­buat sebuah program bagaimana sungai itu tidak hanya di normalisasi tapi juga di naturalisasi,” ujar dia. Dengan demi­kian, program tersebut dapat me­ngem­balikan fungsi sungai seperti di awal dan tidak semakin rusak.(don/c)

Komentar Anda

Baca Juga