Beranda Pendidikan

UT Sasar Generasi Milenial Untuk Cari Duta Kampus

JAKARTA-RADAR BOGOR      Pertama kali nya Universitas Terbuka (UT) menggelar pemilihan duta kampus. Menurut Wakil Rektor I Dr Mohamad Yunus ajang ini adalah upaya mengurangi image kalau UT hanya untuk para pekerja. UT tidak memandang calon mahasiswa dari manapun, asalkan dia lulusan SMA.

Saat ini, mulai ada pergeseran. Mahasiswa UT makin banyak yang muda. Dari total 300 ribu mahasiwa UT, 120 ribu di antaranya berusia muda termasuk mereka yang baru lulus dari SLTA.

“Kami ingin anak-anak yang baru lulus SMA bisa masuk UT agar bahasanya nyambung, kami pilih duta-duta UT yang memiliki usia sama, milenial,” ujar Yunus saat membuka pemilihan duta UT, Rabu (8/8).

Para peserta yang ikut pemilihan duta UT, lanjutnya, semuanya mahasiswa (UT). Mereka berasal dari 39 regional/daerah office, yang diseleksi, dipilih dan akhirnya lolos 16 orang. Disaring lagi hingga fnalisnya tinggal sembilan orang.

“Nah, dari sembilan orang itu nanti akan dipilih satu orang. Tahun depan akan kami pilih dua orang karena dibuat lebih besar lagi pemilihannyq,” terangnya.

Setelah terpilih jadi duta UT, mereka akan tetap kuliah sebagai mahasiswa. Kemudian ditugaskan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda soal UT.

“Intinya bagaimana melakukan sosialisasi kepada calon mahasiswa dan kesiapan UT-nya. Jangan sampai sudah terpilih kemudian UT tidak tidak mengapa-apakan mereka,” terangnya.

Mengenai latar belakang mahasiswa ingin menjadi duta, menurut Yunus, karena mereka ingin menyampaikan kepada publik informasi-informasi tentang UT secara benar. Kalau belum pernah masuk di UT tentu akan susah memahaminya.Beda bila dosen maupun pegawai UT yang menyampaikan, orang tidak akan terlalu antusias karena dipikir promosi.

“Tapi kalau mahasiswa yang menyampaikan keberadaan UT, masyarakat akan lebih objektif penilaiannya,” tutupnya.(esy/mg2/JPNN)

Baca Juga