25 radar bogor

Kiai Afif: Mahfud MD Dipastikan Kader NU Tulen

Mantan Ketua MK Mahfud MD saat diwawancara awak media (Dok. JawaPos.com)
Mantan Ketua MK Mahfud MD saat diwawancara awak media (Dok. JawaPos.com)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Banyak pihak meragukan jika mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD bukan kader tulen dari Nahdlatul Ulama (NU). Hal ini mencuat setelah namanya disebut menjadi bakal cawapres Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bahkan, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj menyebut Mahfud bukan kader NU karena tak pernah menjabat dan berkiprah dalam struktural NU.

Menanggapi adanya polemik tersebut, Wakil Pengasuh Ponpes Salatiga Syafiiyah Sukorejo Situbondo Jawa Timur, KH Afifuddin Muhajir menyatakan sematan kader NU bukanlah semata-mata yang pernah ikut kaderisasi formal dan pernah menjabat di struktural NU.

Namun menurut Kiai Afif, kader NU adalah semua orang Islam yang pernah bersentuhan dengan pondok pesantren NU.

“Orang yang yang pernah mengeyam pendidikan atau nyantri dan pernah ngaji di pondok pesantren NU. Orang yang takdzim kepada NU itu ya kader NU,” kata Kiai Afif dalam keterangannya (8/8).

Artinya, lanjut Kiai Afif, untuk disebut kader NU, tidak harus atau tidak wajib melalui pendidikan atau kaderisasi yang dilakukan secara formal kelembagaan.

“Kalau yang dimaksudkan kader NU itu orang yang pernah ikut kaderisasi formal dalam kelembagaan NU, maka orang seperti saya bukan kader NU. Saya tidak masuk karena tidak pernah ikut. Tetapi saya kan mulai kecil hidup di lingkungan Ponpes NU dan nahdliyin,” ucapnya.

Apalagi anggapan bahwa kader NU, harus pernah menjadi pengurus. Menurutnya ini salah besar. “Sebab nahdliyin ini jauh lebih banyak daripada pengurus NU kan,” ingatnya.

Karenanya, lewat rekam jejak Mahfud, Kiai Afif yakin seratus persen bahwa mantan hakim MK ini adalah kader NU tulen. Apalagi setelah diangkat menjadi Menteri era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), ke-NU-an Mahfud semakin tak diragukan.

“Beliau ini sangat loyal tehadap Gus Dur. Banyak orang yang dibesarkan Gus Dur tetapi mengkhianatinya. Tidak banyak yang loyal, Pak Mahfud dan Khofifah, dua orang ini sedikit dari banyak orang yang dibesarkan Gus Dur yang loyal hingga akhir hayat. Ini perlu jadi ukuran saya kira,” tambahnya.

Di luar itu, syarat utama menjadi pemimpin menurut Kiai Afif adalah tokoh yang memiliki kapabilitas dan integritas. “Harus yang memiliki kapabilitas dan integritas. Integritas ini akhlakul karimah. Lebih plus lagi kalau tokoh tersebut NU. Ini semua ada di Pak Mahfud,” tandasnya.

(rdw/JPC)