Beranda Pendidikan

Wow Dana Rp 1 Miliar dikucurkan oleh UNAIR

BERBAGI

SURABAYA-RADAR BOGOR       Rencananya Universitas Airlangga (Unair) mendapatkan dana hibah Professorship Program sebesar Rp 1 miliar  dan akan disalurkan bertahap kepada mahasiswa per tahun selama 3 tahun.

Kendati demikian, Rektor Unair Prof. M Nasih tidak merinci jumlah total dana hibah yang diterima. Yang jelas, dana itu ditujukan bagi mahasiswa pasca-sarjana yang melakukan riset.

“Tentu kami akan evaluasi produk hasil risetnya. Jika ada mahasiswa penerima hibah yang tidak melakukan riset, tentu akan kami alihkan,” kata Prof. M. Nasih di Unair, Rabu (8/8).

Nasih menjelaskan misi dari penyaluran dana hibah itu untuk mengejar kualitas dan kuantitas riset. Sebab, Unair tergolong kampus yang masih tertinggal dalam hal riset dan pengembangan.

Karena itu, pihaknya mendorong mahasiswa pasca-sarjana agar dapat menyajikan solusi dari segala permasalahan di bidang masing-masing. Solusi itu tentunya melalui tugas akhir atau disertasi tiap mahasiswa.

Nasih tidak menyebutkan apapun soal batasan bidang riset yang wajib dilakukan mahasiswa. Yang penting, hasil produk ilmiah hasil riset mahasiswa digunakan dan dijadikan acuan masyarakat luas.

“Jadi perbagai persoalan di dunia ini dikatakan ada solusinya, jika ada karya riset mahasiswa yang dipublikasikan dan dipakai orang lain. Jadi sejak awal, mahasiswa harus sudah mempublikasikan ide dan gagasannya,” kata Prof. Nasih.

Sebagai informasi, dana itu adalah hibah dari pendiri Mayapada Group Dato Sri Tahir. Penyalurannya dipublikasikan melalui seremoni pengukuhan mahasiswa pasca-sarjana. Yakni, sebanyak 1400 lebih mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa S2, S3, Profesi, dan Spesialis.

Tak hanya mengukuhkan. Unair juga menggelar penggalangan dana dari para mahasiswa pasca-sarjana. Dana dan sumbangan yang terkumpul akan disalurkan kepada korban bencana gempa di Lombok.

“Para mahasiswa baru ini kami minta sumbangannya untuk dikirim ke Lombok. Jadi untuk mengasah kepedulian mahasiswa,” katanya.

(HDR/JPC/mg2/JPG)

Komentar Anda

Baca Juga