Beranda Ekonomi

Dolar Masih Loyo, Rupiah Berpotensi Lanjutkan Penguatan

BERBAGI
Ilustrasi penukaran uang di sebuah money changer (DOK. ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)

JAKARTA-TADAR BOGOR, Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diperkirakan masih dapat bergerak positif. Rupiah masih bisa memanfaatkan melemahnya laju USD terhadap sejumlah mata uang utama dunia, meski dari dalam negeri terdapat sentimen negatif.

Analis AAEI Reza Priyambada mengatakan, pelaku pasar pun diperkirakan akan kembali melepas USD dengan memanfaatkan sudah tingginya nilai USD sambil mencermati berbagai sentimen yang ada.

“Diperkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.438-14.422. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah,” ujarnya Rabu (8/8).

Dolar Masih Loyo, Rupiah Berpotensi Lanjutkan Penguatan
Ilustrasi mata uang rupiah dan USD (DOK. ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)

Reza menjelaskan, pergerakan USD kembali melemah terutama terhadap sejumlah mata uang utama global seiring dengan mulai stabilnya pergerakan CNY yang sebelumnya cenderung terdepresiasi.

Pergerakan USD sebelumnya menguat seiring dengan sentimen perang dagang antara AS dan Tiongkok dimana meski pelaku pasar khawatir akan imbasnya namun, juga menilai dengan adanya pengenaan tarif impor akan membuat defisit neraca perdagangan AS akan kian mengecil.

Sementara itu, lanjutnya, dari dalam negeri meski rilis cadangan devisa Indonesia mengalami penurunan hingga USD 1,5 miliar di akhir Juli 2018 dimana stabilisasi nilai tukar menjadi faktor dominan penurunan tersebut namun, laju Rupiah mampu bertahan naik.

“Tampaknya pelaku pasar memanfaatkan pelemahan USD tersebut dibandingkan merespon penurunan cadangan devisa,” tandasnya.

(mys/JPC)

Komentar Anda

Baca Juga